PMI Pacitan Butuh Filter Trombosit

106

PACITAN – Tingginya kasus demam berdarah dengue (DBD) di Pacitan tak terantisipasi ketersediaan trombosit di Palang Merah Indonesia (PMI) setempat. Pasalnya, PMI Pacitan tak memiliki filter pemroses trombosit dari para pendonor darah. Sehingga, pasien yang butuh trombosit mesti dirujuk atau minta kiriman dari daerah lain. ‘’Kami belum punya alat untuk memproses trombosit,’’ kata Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Pacitan Erisa Maisutadevi Mara.

Menurut dokter yang bertugas di RSUD dr Darsono Pacitan itu, meski terjangkit DBD, tak semua pasien butuh donor trombosit. Hal tersebut bergantung kondisi tubuh pasien saat terjangkit virus dengue. Pun, persentase permintaan tergolong sedikit. Biasanya, pihak rumah sakit langsung merujuk jika ada pasien membutuhkan trombosit. ‘’Karena trombosit umurnya juga sangat pendek, hanya lima hari. Jadi, kami juga gak pernah stok,’’ jelasnya.

Dia berharap pengadaan filter trombosit segera terealisasi. Pasalnya, tak hanya untuk membuat trombosit, filter tersebut juga multifungsi. Seperti pemrosesan sel darah merah dan plasma. Saat ini pihaknya hanya mampu membuat komponen plasma dan sel darah merah. ‘’Dengan alat tersebut harapannya dapat membuat komponen satu lagi, yaitu trombosit. Itu kelebihannya,’’ ungkapnya.

Meski ketersediaan trombosit tak terpenuhi, namun Erisa memastikan ketersediaan darah aman. Kemarin (30/1) pihaknya mencatat terdapat 41 kantong darah golongan A, 80 kantong golongan B, 96 kantong golongan 0, serta 7 kantong golongan AB. ‘’Kalau AB memang sedikit, karena tergolong minim orang dengan golongan darah itu, permintaannya juga sedikit,’’ urainya.

Dalam sebulan, 400 kantong darah tersedia di PMI. Jumlah tersebut diklaim cukup memenuhi permintaan. Pasalnya, jika terlalu lama disimpan, darah juga bakal rusak. Sehingga, rotasi permintaan dan pengeluaran yang sebanding lebih baik ketimbang menyimpan darah terlalu lama. ‘’Paling lama darah bisa bertahan sebulan, setelah itu akan rusak. Jadi, lebih baik disimpan di tubuh masing-masing,’’ pungkasnya. (mg6/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here