PJT I Peduli Banjir Madiun

94

MADIUN – Bencana banjir yang melanda Kabupaten Madiun menarik perhatian Perusahaan Umum Jasa Tirta (PJT) I. Kemarin (11/3), salah satu BUMN yang bergerak di bidang pengelolaan sumber air bermutu itu memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat terdampak banjir di Desa/Kecamatan Balerejo. ‘’(Balerejo) sengaja kami pilih karena di sini termasuk wilayah terdampak banjir,’’ kata Kepala Kantor Wilayah Madiun Perusahaan Umum Jasa Tirta I Indra Nurdianyoto.

Indra mengatakan, pelayanan kesehatan diberikan kepada masyarakat dengan mengerahkan satu dokter dan dua perawat. Serta dua tenaga perawat tambahan dari Puskesmas Balerejo.

Sasaran pengobatan gratis meng-cover 100 orang. Tapi, data di lapangan menunjukkan ada sekitar 120 orang yang hadir di posko kesehatan di Balai Desa Balerejo. ‘’Perawat dan dokter ditunjuk langsung dari kantor pusat di Malang. Yang dari sini hanya tim perawat dari puskesmas,’’ ujar Indra.

Selain pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis, pihaknya juga turut memberikan bantuan logistik kepada korban bencana banjir Madiun. Meliputi makanan dan minuman serta keperluan bayi dan perempuan.

Bantuan yang disalurkan juga ada extrafooding seperti susu dan sari kacang hijau. Menurut Indra, extrafooding itu dapat memberikan gizi tambahan pada masyarakat. Khususnya anak-anak dan balita. ‘’Kesehatan mereka perlu dijaga,’’ tuturnya.

Sementara, dari hasil data pemeriksaan, tercatat masalah kesehatan yang paling banyak ditangani adalah ISPA. Ada sekitar 36 warga yang mengeluhkan kasus itu kepada petugas kesehatan Perusahaan Umum Jasa Tirta I. Lalu, 32 warga mengeluhkan hipertensi dan 31 orang mengalami nyeri otot.

Di luar itu, permasalahan yang dihadapi korban banjir adalah iritasi kulit. Total ada 20 warga yang mengeluhkan masalah tersebut kepada petugas. ‘’Kegiatan serupa juga digelar di Ngawi, karena sama–sama terdampak bencana banjir,’’ terang Indra. (mg4/c1/her/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here