Pisang Ajaib Hebohkan Warga Lingkungan Gantung

116

PACITAN – Wijianto gumun, di usianya yang lebih dari setengah abad, baru kali ini warga RT 02 RW 01 Lingkungan Gantung, Kelurahan Pacitan, itu mendapati keanehan tanaman pisangnya. Pisang soboguri alias kepok tersebut berbuah tak pada tempatnya. Biasanya jantung pisang muncul di puncak pohon. Namun, pisang Wijianto nongol di tengah batang. ‘’Baru kali ini, padahal sudah bertahun-tahun saya menanam pisang,’’ katanya kemarin (18/1).

Perkiraan Wijianto, sudah dua bulan ini pisang tumbuh. Pasalnya, ukuran buahnya lumayan besar. Namun, dia baru beberapa minggu terakhir menyadari satu dari puluhan pisang di kebunnya ada yang aneh. Pasalnya, sehari-hari dia membiarkan tanamannya tumbuh tanpa pemeliharaan rutin. ‘’Tahunya dari tetangga samping rumah yang melihat pisangnya aneh,’’ ujarnya.

Sempat viral, tumbuhan berbatang lunak tersebut banyak didatangi tetangga sekitar rumahnya. Sama seperti dia, mereka juga gumun dengan  pisang yang tumbuh tak wajar tersebut. Pun tak sedikit dari warga tak percaya dan mengira rekayasa belaka. ‘’Dipegang sendiri juga asli, dan ukurannya juga semakin tumbuh,’’ paparnya.

Meski ramai didatangi warga yang penasaran, hingga kini belum ada calon pembeli yang menawar pisang uniknya itu. Tak ingin dikira pelit, Wijianto mempersilakan bila warga ingin membelinya. Meski dia memperkirakan setidaknya masih dua hingga tiga bulan lagi pisang dapat dipanen. ‘’Kalau gak ada yang beli ya dimakan sendiri,’’ ungkapnya.

Meski terbilang tak biasa, namun dia enggan mengaitkan keanehan tersebut dengan hal-hal berbau mistis dan takhayul. Meski tak sedikit warga yang mengatakan sebagai tanda-tanda mendekatinya akhir zaman. Wijianto memilih merawat pisang yang semula dibiarkan tumbuh itu. ‘’Mungkin karena dulu waktu kemarau semua pohon pisang mati, dan sekarang tumbuhnya aneh karena kaget terkena air hujan,’’ duganya.

Meski tetap berharap dapat tumbuh hingga masak, namun dia memperkirakan kualitas buahnya tak akan sebagus pisang lainnya yang normal. Pasalnya, batang bagian atas tampak mengering dan tak sesegar pohon lainnya. (mg6/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here