Madiun

Pilkades Serentak Masuk Tahapan Kampanye

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di 57 desa tinggal menghitung hari. Semua bakal calon (balon) pun telah diseleksi dan ditetapkan sebagai calon kepala desa (cakades). Jumlahnya sebanyak 139 cakades.

Pemkab juga mempersiapkan antisipasi terjadinya kecurangan yang bisa memicu konflik horizontal. Seperti menggandeng kepolisian, TNI, dan linmas. Setiap pasukan pengamanan tersebut berjaga-jaga sampai pilkades serentak selesai pada Rabu mendatang (16/10).

Berdasarkan hasil analisis pilkades, masa rawan konflik sering terjadi saat tahapan kampanye yang mulai bergulir Jumat (11/10) sampai dengan Minggu besok (13/10). Bahkan, seusai penghitungan suara, gesekan tersebut bisa saja semakin panas apabila terdapat selisih tipis.

‘’Semua cakades sudah menandatangani pakta integritas dalam momen deklarasi damai. Artinya, semua harus menjalankan sesuai dengan apa yang sudah disepakati tadi,’’ kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Madiun Joko Lelono kemarin (11/10).

Dalam tahap kampanye masing-masing cakades diperkenankan untuk memasang alat peraga kampanye (APK). Sekaligus menyampaikan visi-misinya kepada masyarakat. Tetapi, cakades dilarang untuk melakukan kegiatan pengerahan massa. ‘’Untuk data pemilih tetap (DPT) sudah selesai. Karena memang sudah ditetapkan pada 8 Oktober lalu. Dan, semua cakades sudah menandatangani DPT tersebut,’’ terang Joko.

Bupati Madiun Ahmad Dawami berharap pelaksanaan pilkades serentak 2019 berjalan damai dan lancar. Dia juga mendorong peningkatan kegiatan kamtibmas di seluruh desa. Terutama desa penyelenggara pilkades. ‘’Sing menang gak oleh umuk, sing kalah gak oleh ngamuk,’’ ucapnya.

Dia menambahkan, potensi kecurangan dalam penyelenggaraan pilkades memang rawan terjadi. Penyebabnya bermacam-macam. Misalnya, ada oknum tertentu dalam tubuh panitia. ‘’Panitia sudah ada regulasinya yang jelas. Begitu juga dengan BPD. Jangan sampai berpihak kanan atau kiri. Semuanya demi pilkades yang aman dan terkendali,’’ tegas bupati. (mgc/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close