Pilkades E-voting, Pemkab Siapkan 15 Tenaga Ahli TI

33

MAGETAN – Sejumlah tenaga ahli disiapkan oleh Pemkab Magetan menghadapi pilkades serentak dengan sistem e-voting. Totalnya ada sekitar 15 orang. Mereka umumnya menguasai ilmu tentang teknologi dan informasi (TI). ‘’BPPT menyarankan cukup 10 tenaga ahli. Tapi, kami sediakan lebih. Supaya lebih maksimal. Karena penyelenggaraan pilkades digelar di 184 desa,’’ kata Kepala Diskominfo Magetan, Suwata Minggu (19/5).

Hanya, Suwata mengungkapkan perkiraan jumlah itu masih kurang. Saat ini, diskominfo baru mempunyai 12 tenaga ahli IT. Di mana delapan orang di antaranya merupakan programer. ‘’Ya, nanti jumlah tenaga IT akan disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan. Kekurangan tenaganya akan diambilkan dari OPD lain,’’ jelasnya.

Dia mejelaskan sejumlah tenaga IT itu nantinya bertugas memantau pelaksanaan pilkades. Jika ada sistem error, bisa langsung ditangani. Meski begitu mereka nantinya tetap akan diberikan pelatihan supaya bisa menguasai medan. ‘’Tetap harus dilatih dulu sebelum pelaksanaan,’’ jelas Suwata.

Konteksnya, lanjut dia, para tenaga IT itu menjadi pendamping tenaga teknis lapangan (TTL) di tempat pemungutan suara (TPS). Seperti penggunaan alat-alat e-voting. Mulai dari scanner e-KTP, monitor untuk memilih cakades hingga printer yang akan mencetak barcode hasil pemilihan. Juga, penghitungan hasil pilkades. ‘’Pelatihan singkat untuk mengoperasionalkan alat,’’ terangnya.

Pihaknya menyatakan masih ada waktu sekitar enam bulan untuk menyiapkan tenaga IT tersebut. Karena itu, Suwata bakal rutin berkoordinasi dengan DPMD terkait keperluan di lapangan. ‘’Ini kerja tim. Jadi, mesti saling mendukung sesuai tupoksi,’’ katanya. (bel/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here