Pilih Profesi Jurnalis, Bacaleg PDIP Mundur

87

PONOROGO – Dua pekan lagi daftar calon tetap (DCT) Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 Kabupaten Ponorogo diumumkan. Namun, salah seorang bakal calon legislatif (bacaleg) PDIP malah mengundurkan diri. Kader partai berlambang banteng moncong putih dari daerah pemilihan (dapil) 2 itu adalah Prayudi Bahagia Rahmad Widi.

Keputusan itu diambil Yudi, sapaannya, sekitar sepekan lalu. Bahkan, dia sudah berkirim surat langsung ke DPC PDIP Ponorogo 31 Agustus 2018. Dalam suratnya, Yudi membeber sejumlah alasan pengunduran dirinya dari kontestasi Pileg 2019. Warga Desa Wonokerto, Jetis, itu beralasan ingin fokus di dunia jurnalistik.

Yudi memilih mundur dari pencalegan karena Surat Edaran (SE) Dewan Pers mengamanatkan wartawan harus independen. Karena itu, berpikir bulat untuk mundur dari pencalonannya sebagai kandidat anggota legislatif. ‘’Setelah melalui berbagai pertimbangan, saya memilih fokus berkarir sebagai jurnalis,’’ katanya kemarin (6/9).

Yudi sudah membicarakan masalah tersebut dengan partai sebelum mengambil keputusan. Sebab, namanya sudah masuk daftar calon sementara (DCS). Bahkan, dia berpeluang lolos masuk DCT dari dapil 2 dengan nomor urut 4. Namun, dewan pers melarang jurnalis merangkap jabatan. Terlebih di bidang politik. ‘’Saya sudah lama merintis karir di dunia jurnalistik,’’ ujarnya.

Ketua DPC PDIP Ponorogo Agus Widodo sangat menyayangkan keputusan Yudi. Namun, pihaknya juga tak bisa memaksakan kehendak. ‘’Karena itu merupakan hak pribadi yang bersangkutan,’’ sesalnya.

Menurut Agus, Yudi merupakan kader baru. Dia bergabung dengan PDIP jelang pendaftaran bacaleg. Sehingga, pengunduran dirinya belum bisa dinilai merugikan partai atau tidak. Namun, pihaknya sudah berkonsultasi dengan KPU Ponorogo. ‘’Kalau bisa akan kami ganti. Kalau tidak bisa, otomatis bacaleg kami di dapil 2 berkurang satu orang,’’ terangnya sembari menyebut sudah menyiapkan bacaleg cadangan apabila peraturan KPU membolehkan. (her/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here