Pileg 2019: PDIP Klaim Dominasi Gedung Klitik

2260

MADIUN – Partai politik (parpol) peserta Pemilu 2019 Kabupaten Madiun mulai lekat dengan digit angka menghitung perolehan suara. Rekapitulasi itu berbasis formulir C-1 atau sertifikat hasil penghitungan suara dari 2.565 tempat pemungutan suara (TPS) di 15 kecamatan.

Bersamaan pelaksanaan sistem informasi penghitungan suara (situng) komisi pemilihan umum (KPU) setempat. Dari beberapa partai yang bisa dihubungi, DPC PDI Perjuangan (PDIP) mengisyaratkan memenangi pemilihan legislatif (pileg) DPRD Kabupaten Madiun. ’’Insya Allah bisa 9 hingga 10 kursi,’’ kata Ketua DPC PDI P Kabupaten Madiun Ferry Sudarsono, Kamis (18/4).

Kendati demikian, Ferry masih enggan menjelaskan dan memerinci detail klaim tersebut. Alasannya, proses penghitungan perolehan jumlah lidi di enam daerah pilihan (dapil) masih berlangsung. Rekapitulasi itu dilakukan lewat meng-input total perolehan suara seluruh calon legislatif (caleg) 16 parpol peserta pemilu dari C-1 ke sistem aplikasi. ’’Saat ini semuanya (tim penghitungan) sedang bekerja,’’ ujarnya kepada Radar Caruban.

Lantas, dari mana angka 10 calon legislator penghuni Gedung Klitik –sebutan gedung DPRD Kabupaten Madiun– itu didapatkan? Ferry menyebut, taksiran hasil komunikasi dengan para saksi di lapangan. Mereka telah menghitung sekilas saat proses penghitungan suara sah di TPS usai coblosan Selasa (17/4) lalu. Bila hitungannya tidak meleset, ada dua caleg terpilih di dapil I, II, dan VI. Kemudian masing-masing satu caleg terpilih di dapil III, IV, dan V. Peluang menggenapkan 10 kursi ada di dapil V. ’’Saya masih menunggu update-nya,’’ katanya sembari berujar kepastian perolehan itu diprediksi sudah 80 persen.

Bila klaim itu sama dengan hasil situng yang diumumkan KPU kelak, maka jumlah kursi PDIP di parlemen bertambah. Pemilu sebelumnya, partai berlambang kepala banteng moncong putih itu meraih total delapan kursi. ’’Perolehan kursi ini sesuai target kami,’’ ucap pria yang mencalonkan di dapil I meliputi Mejayan dan Saradan dengan klaim memperoleh 7.000 suara hanya di Mejayan.

Bagaimana rekapitulasi pemilihan presiden (pilpres), DPR RI, dan DPRD Jatim? Ferry belum panjang lebar berbicara dengan alasan masih fokus menyelesaikan DPRD tingkat II. Meski tidak menyebutkan indikatornya, dia meyakini pasangan calon (paslon) nomor 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin unggul telak dari paslon 02 Prabowo-Sandiaga Uno. ’’Sekitar 75 persen lawan 25 persen,’’ tebaknya.

Rekapitulasi C-1 juga dilakukan partai lain seperti DPD Golkar dan DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Namun, keduanya belum bisa memberkan ke publik perolehan suara dan potensi caleg terpilih dengan alasan penghitungan belum selesai. ’’Masih baru mulai karena C-1 baru dikumpulkan,’’ kata Sekretaris DPC PKB Kabupaten Madiun Nuryanto. Hal senada disampaikan Ketua DPC Golkar Kabupaten Madiun Mujono. ‘’Belum lengkap,’’ katanya lewat pesan WhatsApp. (cor/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here