Pileg 2019: Bersaing tanpa Tiga Petahana di Dapil IV

283

PACITAN – Para calon anggota legislatif (caleg) pendatang baru berpeluang besar meraih kursi di Daerah Pemilihan (Dapil) IV Arjosari-Tegalombo. Sebab, tiga anggota DPRD Pacitan dari dapil setempat tidak lagi ikut kontestasi. Pun seorang  di antaranya telah meninggal dunia. Yakni, Setyo Rahardjo dari PDIP.

Pengamat politik di Pacitan Sutikno mengatakan, peluang makin terbuka lebar setelah dua petahana tersisa dipastikan tidak bersaing dalam perburuan kursi dalam Pileg 2019. Yakni, Yudi Sumbogo yang kini menjabat wakil bupati Pacitan dan Nur Sigit Efendi yang nyaleg DPR-RI meski gagal lolos administrasi.  Angin segar makin terasa lantaran ada tambahan satu kursi di dapil ini. ‘’Praktis lima kursi jadi rebutan para pendatang baru,’’ kata Sutikno kemarin (27/1).

Sediono, caleg Partai Gerindra, dinilai potensial melenggang ke DPRD Pacitan. Pasalnya, pada Pileg 2014 lalu, Sediono juga sudah ikut bertarung. Bahkan nyaris menang. Mantan Kepala Desa Gemaharjo Wahyu Pujiono juga dianggap berpeluang. Sebab, caleg PKB itu punya basis massa fanatik di desanya. Selain itu, Wahyu Pujiono juga kades yang sering dapat penghargaan tingkat provinsi dan nasional. ‘’Pendatang baru kemungkinan didapat PKS untuk saudara Fakih,’’ prediksinya.

Namun, Sutikno juga menyebut incumbent bakal menang mudah. Yakni, caleg Demokrat Wahidin, Bambang Setya Budi (Nasdem), Sabarudin (PDIP), dan Sri Widowati (Golkar). Sutikno memprediksi Demokrat berpeluang menambah kursi dari dapil IV ini. Kans itu milik Boimim atau Marwan. ‘’Kalau Demokrat tidak dapat, yang dapat tambahan kursi kemungkinan PDIP,’’ ujarnya.

Namun, Boimin dan Marwan harus berebut dengan pendatang baru potensial lainnya. Hanya, dari prakiraannya, dalam Pileg 2019 ini Partai Demokrat bakal meraih dua kursi. Sedangkan Golkar, Gerindra, Nasdem, PKB, dan PDIP, masing-masing meraih satu kursi. ‘’Prakiraan saya adalah Wahidin, Boimin, Bambang Setyo Budi, Sabarudin, Sri Widowati, Sedono, dan Wahyu Pujiono,’’ bebernya. (odi/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here