Magetan

KIR Bendo 10 Tahun Mangkrak, Pemkab Berdalih Tunggu Surat Resmi Kejaksaan

MAGETAN – Satu dekade sudah bangunan kawasan industri rokok (KIR) Bendo mangkrak. Tetapi sampai saat ini belum ada formula pasti dari Pemkab Magetan terkait kelanjutan nasib bangunan setengah jadi tersebut. ‘’Kami masih belum tahu akan digunakan untuk apa,’’ ujar Kabid Perindustrian Disperindag Magetan Ari Kuncoro, Minggu (23/6).

Awalnya bangunan itu akan difungsikan untuk memfasilitasi pelaku industri kecil menengah (IKM) rokok. Saat itu, kata Ari, industri tersebut tumbuh pesat di Bendo. Tetapi seiring berjalannya waktu usaha itu menyusut. Sehingga, terkesan sia-sia dan tak maksimal jika bangunan tersebut difungsikan untuk IKM rokok. ‘’Setelah jelas kegunaannya nanti, mungkin baru akan dilanjutkan pembangunannya,’’ katanya.

Menurutnya, IKM rokok timbul tenggelam. Jumlahnya juga segelintir. Salah satunya yang sekarang eksis produksinya menyewa bangunan KUD Bendo. Disamping itu, lanjut Ari, mekanisme pemanfaatan KIR juga belum ditentukan. Apa melalui sistem sewa atau berupa retribusi. Selain itu, harus mengantongi rekomendasi produksi dari bea cukai. ‘’Sebelum menunjukkan rekomendasi, kami tidak akan mengizinkan,’’ jelasnya.

Ari menjelaskan sesuai perencanaan awal di KIR Bendo itu terdapat delapan bangunan. Meliputi musala, tempat usaha, parkir beratap, rumah genset, ruang pompa, depo sampah dan pos jaga. Serta dilengkapi dengan pagar keliling.

Sedangkan, sekarang yang sudah ada adalah bangunan utama untuk produksi. Hanya bangunan itu belum dilengkapi jaringan listrik dan air. Belum lagi kondisi keramik bangunan tersebut juga sudah banyak mengelupas. ‘’Kami masih akan pelajari aset itu,’’ katanya.

Dia mengaku sebenarnya kejaksaan sudah memberi lampu hijau untuk melanjutkan pembangunan tersebut. Tetapi, surat resminya belum ada. ‘’Karena belum ada surat resmi dari kejaksaan kami nggak berani (melanjutkan pembangunan KIR Bendo),’’ terang Ari. (bel/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close