Pacitan

Petugas Gabungan Sweeping di Jalan Hentikan Aksi People Power

PACITAN – Puluhan personel Polres Pacitan menggelar sweeping di pertigaan Bliruk, Punung, Pacitan. Kendaraan, khususnya roda empat ke atas dihentikan. Itu demi mencegah aksi gerakan people power di Jakarta 22 Mei mendatang. ‘’Kami razia jika ada warga Pacitan yang akan berangkat ke Jakarta. Kami imbau untuk tidak berangkat,’’ kata Kapolres Pacitan AKBP Sugandi.

Tujuannya, demi menjaga kondusivitas pelaksanaan penetapan hasil Pemilu 2019. Polisi bakal bertindak tegas jika mendapai pengemudi dan penumpang membawa senjata tajam, senjata api  atau bahan peledak. ‘’Barang-barang tersebut akan kami sita dan yang bersangkutan akan kami proses hukum,’’ tegasnya.

Sebelum menggelar sweeping, pihaknya sudah melakukan pendekatan kepada sejumlah pihak yang berpotensi mengikuti aksi tersebut. Hasilnya, tidak ada yang berrencana ke Jakarta. Namun, sweeping bukan sekadar mencegah gerakan people power. Itu rangkaian Operasi Pekat Semeru 2019. ‘’Sasarannya selain senjata dan bahan peledak juga minuman keras (miras) dan narkoba,’’ jelasnya.

Sweeping melibatkan dua peleton personel gabungan. Masing-masing dari Polsek Punung, Pringkuku dan Donorojo, Polres Pacitan, TNI dan Satpol PP Pacitan. Dimulai sekitar pukul 22.00 Sabtu (19/5) hingga Rabu (22/5) mendatang. ‘’Selain dipertigaan jalur ke Jogja dan Solo itu kami juga minta sweeping ke arah Madiun,’’ ujarnya.

Sweeping di jalur Pacitan-Ponorogo digelar Polsek Arjosari dan Tegalombo. Razia tidak hanya menyasar roda empat. Bus hingga truk juga digeledah. Hingga berita ini ditulis, belum ditemukan warga yang berencana mengikuti aksi people power. ‘’Ada dua mobil yang diamankan,’’ tambahnya.

Menurut dia, satu mobil tidak dilengkapi surat-surat. Sedangkan satu lainnya mengangkut puluhan jeriken pertamax. ‘’Saat ini masih diproses untuk dimintai keterangan,’’ bebernya. (odi/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close