Petahana Sulit Digusur

107

Dapil 4 Magetan

Jumlah kursi : 8

Bendo, Sukomoro, dan Maospati

Petahana dapil IV = Suratman (Golkar), Dwi Heruyanto (PKB), Endang Sulastri (Gerindra), Nanang Saptoaji dan Lasiyem (PDIP)

MAGETAN – Peluang Suratman melenggang ke parlemen terbuka lebar pada Pemilu 2019. Kondisi itu terjadi seiring berkurangnya pesaing Suratman di daerah pemilihan (dapil) IV. Meliputi Bendo, Sukomoro, dan Maospati.

Seperti Sugeng Riyadi (PKS) yang sempat menjadi pesaing Suratman pada Pemilu 2014 lalu memutuskan maju dari dapil V. Kemudian, Sutikno (PAN) nyaleg DPR RI. Serta, Edi (PDIP) telah meninggal dunia. ‘’Habis sudah pesaing beratnya. Suratman sudah aman,’’ tebak pengamat politk Magetan Thoyieb Rantiono kemarin (27/1).

Selain berkurangnya jumlah pesaing, lanjut Thoyieb, massa Suratman tergolong loyal. Terbukti dia berhasil menjadi anggota dewan dalam tiga periode. Nama lainnya yang berpeluang menyusul Suratman adalah Sho’im (Demokrat). ‘’Dilihat saja nanti hasilnya seperti apa,’’ ujarnya.

Selain Suratman dan Sho’im, masih terdapat empat nama lainnya yang mempunyai kans mendulang suara. Mereka adalah Dwi Heruyanto (PKB), Endang Sulastri (Gerindra), serta Nanang Saptoaji dan Lasiyem (PDIP). Keempat-empatnya merupakan caleg petahana. ‘’Tapi, itu sepertinya tidak akan banyak berpengaruh (kepada Suratman, Red),’’ tuturnya.

Hasil pengamatan Thoyieb, persaingan di dapil IV memang sedikit longgar. Pasalnya, banyak wajah baru yang popularitas dan elektabilitasnya belum tinggi. Tapi, mereka tetap tidak bisa dipandang remeh. Karena mayoritas para rookie di dapil IV berlatar belakang pengurus organisasi masyarakat atau kepemudaan. ‘’Sehingga, tinggal strateginya bagaimana,’’ katanya.

Thoyieb mengungkapkan, pemilih milenial bisa menjadi penentu di dapil Bendo, Maospati, dan Sukomoro. Karena jumlah pemilihnya yang rerata berusia antara 17–40 di dapil tersebut cukup gemuk. Kendati demikian, semua prediksi itu masih bisa berubah hingga nanti masa pemungutan suara berlangsung. ‘’Jadi, belum bisa ditebak. Masih dini,’’ pungkasnya. (bel/c1/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here