Peserta Minim, Empat MA Nebeng UNBK

33

MAGETAN – Bantuan komputer sudah digerojok. Namun, masih ada madrasah aliyah (MA) yang belum siap melaksanakan UNBK mandiri. Yaitu, MA Ma’arif Al-Muttaqin Temboro Kidul, MA Hidayatul Mubtadin, MA Al Ichsan, dan MA Umdatul Falah. ‘’Penyelenggaraan mandiri di sekolah masing-masing, tapi pelaksanaannya secara administrasi ikut sekolah lain,’’ terang Kasubbag TU Kementerian Agama Kabupaten Magetan Muttakin.

Empat madrasah tersebut, lanjut dia, tidak memungkinkan menyelenggarakan UNBK mandiri. Jumlah siswanya sangat minim. Kurang dari 20 siswa. Namun demikian, seluruh madrasah itu mempunyai client dan server. ‘’Nah, yang gabung ini jumlah siswa kelas XII tidak sampai 20. Jadi, tidak bisa menjadi pelaksana,’’ jelasnya.

Sebelum UNBK berlangsung, Muttakin mengungkapkan pihaknya sempat mengusulkan kelayakan empat madrasah itu ke cabang dinas pendidikan Jatim wilayah Madiun menggelar ujian secara mandiri. Hanya setalah dikaji memang mereka belum layak menggelar UNBK mandiri. ‘’Tapi, para peserta ujian tidak perlu datang ke madrasah/sekolah induk. Karena, pada dasarnya mereka sudah memiliki sarpras lengkap. Hanya, siswanya minim,’’ terangnya.

Dia berharap tahun depan keempat madrasah itu bisa menggelar UNBK secara mandiri. Namun, pihaknya tak bisa mengintervensi. ‘’Jangan sampai tutup. Harus berbenah supaya dilirik siswa,’’ tandas Mutakkin. (bel/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here