Perusakan Diesel Teror Tiga Desa di Kecamatan Mlarak

84

PONOROGO – Aparat kepolisian punya tugas tidak ringan di Kecamatan Mlarak. Sebulan terakhir, puluhan diesel yang tersebar di persawahan tiga desa kecamatan itu dirusak tangan jahil. Teror ini membuat warga Mlarak susah tidur nyenyak. Setiap malam hingga subuh, mereka harus menggiatkan ronda. Namun, aksi kejahatan serupa masih terus berlangsung. Teranyar, enam diesel milik warga Desa Gontor dan satu diesel milik warga Desa Gandu menjadi sasarannya kemarin (7/11). ‘’Baru diketahui pagi-pagi saat pemilik diesel hendak mengairi sawah,’’ kata Mursidi, perangkat desa setempat.

Melihat aksinya yang berkutat di Gontro, Nglumpang, dan Gandu, pelaku misterius itu seperti sengaja menebar teror di Mlarak. Nyaris setiap hari selalu ada diesel yang dirusak. Hingga kini sudah 21 diesel. ‘’Bahkan ada yang sudah diperbaiki kemudian dirusak lagi,’’ ujarnya.

Modus operandinya beragam. Mulai memotong pipa isap hingga dibakar. Pelaku juga memasukkan material batu, pasir, semen, dan batu bata untuk menyumbat pipa. Ada pula, sebagian pipa pengisap tiga meteran yang dicabut lalu dilempar ke sawah sekitarnya. ‘’Kalau dilihat dari bekas potongan pipa, pelaku tidak menggunakan gergaji,’’ tutur Mursidi.

Aksi pelaku tergolong nekat. Sebab, selain merusak diesel juga mencongkel gembok tempat menyimpan diesel. Pelaku juga mencuri peranti perlengkapan diesel. ‘’Kalau sekiranya ada yang bisa dibawa, dicuri sama pelaku. Seperti kunci inggris dan beberapa pipa pengisap ukuran pendek,’’ sambungnya.

Anehnya, diesel yang menjadi sasaran perusakan tidak turut diambil. Pelaku seperti sengaja meninggalkan jejak. Kendati demikian, Mursidi tidak dapat memastikan latar belakang pelaku dalam menjalankan aksinya. ‘’Selama ini, kami tidak pernah ada masalah seputar air. Irigasi tiga desa pun tak pernah rebutan,’’ terangnya.

Aksi itu jelas mengganggu pengairan puluhan hektare sawah di tiga desa terkait. Diesel telanjur rusak, kalaupun diperbaiki dikhawatirkan bakal dijahili lagi. Sanggupkah aparat kepolisian memecahkan misteri ini? Kasus kejahatan tak biasa ini pun telah dilaporkan. Sebelum pelakunya berhasil diamankan, warga susah tidur nyenyak. Sampai kemarin, koran ini belum mendapat konfirmasi dari kepolisian. Saat ditemui, Kapolsek Mlarak AKP Daroini tidak berada di tempat. (mg7/c1/fin)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here