Perubahan Nama Jalan Perlu Penyesuaian, Dewan Minta Pemkab Fasilitasi Masyarakat

22

‘’Kami sangat setuju dengan perubahan nama jalan itu. Tapi, jangan sampai masyarakat terbebani.’’ Anik Suharto, Wakil Ketua DPRD Ponorogo

PONOROGO – Perubahan nama dua ruas jalan protokol harus ditindaklanjuti dengan sejumlah langkah konkret. Wakil rakyat mendorong pemkab lebih proaktif dalam memfasilitasi masyarakat terkait konsekuensi atas penetapan nama Jalan H.O.S. Cokroaminoto dan Jalan KH Hasyim Asy’ari. ‘’Kami sangat setuju dengan perubahan nama jalan itu. Tapi, jangan sampai masyarakat terbebani,’’ kata Wakil Ketua DPRD Anik Suharto Jumat (17/7).

Penetapan nama guru bangsa dan pendiri Nahdlatul Ulama (NU) itu sebagai nama jalan dinilai positif. Keduanya memang memiliki sumbangsih luar biasa terhadap negeri ini. Karena itu pula, sudah banyak daerah telah mematrikan namanya. ‘’Untuk mengenang jasa mereka yang begitu besar terhadap negara,’’ ujarnya.

Dari sisi teknis, perubahan nama jalan juga dipandang positif. Soekarno Hatta misalnya. Ruas jalan protokol itu terlalu panjang dan penomoran bangunannya semakin tak beraturan. Butuh penataan ulang. ‘’Kalau dipenggal, penomoran bangunan bisa lebih tertata rapi. Selama ini terlalu panjang dan banyak bangunan baru berdiri, membuat penomoran menjadi kurang tertata,’’ beber politisi Partai Gerindra itu.

Meski banyak hal positif, Anik juga mengingatkan bahwa ada sejumlah konsekuensi yang harus dihadapi terkait penetapan nama H.O.S. Cokroaminoto dan KH Hasyim Asy’ari. Mulai penataan nama gang hingga urusan identitas warga yang tinggal di sekitar. ‘’Semuanya perlu disesuaikan,’’ tuturnya.

Dia berharap dispendukcapil serta berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) teknis memfasilitasi masyarakat. Juga intens berkoordinasi dengan instansi lain seperti BUMN, penyedia daya listrik, telekomunikasi, hingga perbankan. ‘’Masyarakat secara perlahan harus dibantu dalam menyesuaikan. Saya percaya dispendukcapil dapat bekerja secara cepat dan efektif membantu,’’ tandasnya. (naz/c1/fin/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here