MadiunSport

Persis Solo Jamu Mitra Kukar tanpa Penonton

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Manajemen Persis Solo tampaknya sulit berharap pemasukan dari tiket pertandingan. Sebab, mereka harus menggelar laga home tanpa penonton. Ya, saat menjamu Mitra Kukar di Stadion Wilis Jumat sore nanti (23/8), Nanang Asripin dkk tak akan didampingi suporter.

Sanksi itu diberikan PSSI menyusul insiden keributan saat Persis menjamu PSIM Jogjakarta pekan lalu (16/8). Pelatih Persis Solo Choirul Huda membenarkan adanya kabar tersebut. ’’Ya, ini sebagai bagian dari sanksi yang harus diterima oleh Persis, di mana laga besok (hari ini, Red) bakal digelar tertutup atau tanpa penonton,’’ kata pria yang akrab disapa Cak Irul tersebut.

Selain itu, Komisi Disiplin (Komdis) PSSI juga menjatuhkan sanksi denda Rp 25 juta kepada manajemen Persis. Dua hukuman tersebut diberikan sekaligus kepada Persis karena mereka dianggap gagal mengendalikan para Pasoepati dan Surakartans saat Derby Mataram kontra PSIM Jogjakarta.

Dalam laga yang berkesudahan 2-1 untuk keunggulan Persis itu, beberapa suporter kedapatan menyalakan flare serta melakukan pelemparan botol kepada para pemain. Bahkan, mereka melakukan euforia secara berlebihan dengan masuk ke lapangan saat Slamet Budiono mencetak gol pada menit ke-78.

Choirul mengatakan, bertanding tanpa dukungan suporter tentu sangat berpengaruh terhadap penampilan Persis. Apalagi, mereka bertekad untuk mempertahankan posisi pucuk klasemen Liga 2 wilayah timur. ’’Secara nonteknis, pasti sangat berpengaruh. Setiap pertandingan, pemain pasti butuh dukungan suporter yang datang langsung ke stadion,’’ ujar mantan asisten pelatih Agus Yuwono itu.

Presiden DPP Pasoepati Aulia Haryo meminta maaf kepada manajemen Persis atas ulah suporter yang berlebihan ketika melawan PSIM Jogjakarta lalu. Dia menyatakan sanksi itu bakal dijadikan bahan evaluasi sekaligus pembelajaran supaya kejadian serupa tidak terulang. ‘’Karena otomatis yang terkena dampaknya adalah tim,’’ katanya.

Komdis juga memberikan sanksi tambahan kepada Persis berupa denda Rp 25 juta. Karena pada saat melawan PSBS Biak di Stadion Cenderawasih lalu (8/8), lima pemain Persis mendapatkan kartu kuning. Mereka adalah Andreantono Oriza, M. Shulton, Okky Derry, Jodi Kustiawan, dan Sendri Johansyah. (nik/her/c1/ota)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close