Persemag Ancam Mundur dari Liga 3 Regional Jatim

331

MAGETAN – Magma Mania terancam puasa panjang menyaksikan Persemag bertanding. Pasalnya, manajemen ancang-ancang melayangkan surat pengunduran diri kepada panitia kompetisi Liga 3 Regional Jawa Timur. Buntut gelapnya sokongan dana mengarungi kompetisi yang sebelumnya dikenal Liga Nusantara (Linus) tersebut. ‘’Bisa jadi kami tidak ikut putaran kedua Liga 3,’’ kata Manajer Persemag Agus Tholib, Sabtu (19/5).

Tholib menegaskan, isyarat pengunduran diri itu dipicu belum adanya titik temu persoalan dana. Pemkab tidak kunjung memastikan bisa tidaknya mengganti biaya yang diputar sesuai rencana anggaran biaya (RAB). Jangankan sampai kompetisi di fase pertama tuntas, pemkab urung memberikan kepastian bisa mengganti biaya pengeluaran selama putaran pertama Liga 3 yang dimulai April lalu. ‘’Kami tak mungkin mampu melanjutkan ke putaran kedua,’’ ujarnya kepada Radar Magetan.

Sesuai RAB, alokasi dana yang dibutuhkan Persemag mengikuti fase pertama sebesar Rp 160 juta. Itu untuk mencukupi operasional 12 pertandingan home and away. Separo dari alokasi RAB itu sudah keluar untuk pelaksanaan putaran pertama kompetisi. Persemag menerima dana talangan dari pihak ketiga dan sebagian dari kantong pribadi. Bila tidak ada penggantian dari pemkab, Persemag terpaksa mengambil anggaran dana Askab PSSI. ‘’Dampaknya tentu tidak bisa memutar kompetisi internal akhir tahun nanti,’’ terangnya sambil menyebut dana Askab sebesar Rp 110 juta.

Manajemen telah membawa persoalan dana itu ke DPRD. Surat permohonan pelaksanaan rapat dengar pendapat (RDP) sudah dilayangkan, Rabu (16/5). Tinggal tunggu balasan dari sekretariat dewan (setwan). ‘’Kami ingin kepastian hitam di atas putih,’’ katanya.

Namun, Tholib memastikan, persoalan dana ini tak mengganggu mental pemain. Laskar Macan Lawu tetap menggelar latihan rutin. Hanya, kendala dana memaksa pihaknya menahan kedatangan tiga pemain anyar. Ketiga pemain sumbangan sponsor yang menempati posisi belakang, tengah, dan depan itu belum bisa bergabung latihan bersama Rizal Fahlevi dkk. ‘’Kalau tidak lanjut putaran dua kan kasihan pemain-pemain baru itu,’’ jelasnya. (cor/c1/fin)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here