Mejayan

Perkuat Sejarah, Bangun Tugu TGP

MEJAYAN, Jawa Pos Radar Caruban – Kabupaten Madiun bakal punya tempat edukasi sejarah baru. Tugu Tentara Genie Pelajar (TGP) saat ini dalam proses pembangunan di SMPN 2 Saradan. Tempat itu dulunya merupakan lokasi perang anggota TGP dalam mempertahankan kemerdekaan saat Agresi Militer Belanda II lalu. ‘’Diharapkan dengan dibangunnya tugu tersebut bisa mengangkat kembali Kabupaten Madiun sebagai salah satu lokasi terjadinya pertempuran para pahawan yang tercatat dalam sejarah,’’ kata Kabid Pengembangan Pariwisata Disparpora Kabupaten Madiun Isbani Kamis (10/10).

Proses pembangunan tugu sudah diawali dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Madiun Ahmad Dawami pada Selasa lalu (8/10). Sedangkan, mekanisme pembangunan tugu bakal dilakukan bertahap. ‘’Sesuai perencanaannya, pembangunan tugu nanti secara berkelanjutan,’’ ujarnya.

Isbani menyebut bahwa proyek itu merupakan bagian dari pelestarian aset sejarah. Diharapkan prosesnya bisa rampung pada akhir tahun ini. Sedangkan, anggarannya bersumber dari DBHCHT dengan nilai sekitar Rp 200 juta. ‘’Tahap pertama ditargetkan selesai tahun ini,’’ tuturnya.

Bupati Madiun Ahmad Dawami mengatakan, pembangunan tugu TGP sebagai pengingat sejarah generasi muda. Sekaligus sebagai ikon sejarah Kabupaten Madiun. Terlebih posisinya yang berada di pinggir Jalan Raya Madiun-Surabaya terlihat ikonik. ‘’Pembangunan tugu ini menjadi tanda bahwa Kabupaten Madiun juga merupakan kota pahlawan,’’ ucapnya. (mgc/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
close
PENGUMUMAN
Close