Perkuat Identitas Madiun Kota Pendekar dengan Festival Seni Pencak Silat Nusantara

191
KARYA: Wali Kota Madiun Maidi, Ketua Paguyuban Pencak Silat Madiun Moerjoko, dan perwakilan IPSI Pusat.

MADIUNJawa Pos Radar Madiun – Status  Kota Madiun sebagai Kota Pendekar makin kental. Hal itu diperkuat dengan moncernya kesenian pencak silat. Sebagai bentuk keseriusan mempromosikan potensi seni, budaya, dan pariwisata, Pemkot Madiun menggelar Festival Seni Pencak Silat Nusantara.

Festival seni itu dibuka di Alun-Alun Kota Madiun tadi Kamis (25/7) oleh Wali Kota Maidi. Sedangkan, pelaksanaannya digelar di GOR Wilis terhitung mulai Jumat (26/7) sampai Sabtu (27/7).

Selain menampilkan kesenian pencak silat modern, para peserta festival itu juga menjangkau luar negeri. Tercatat ada 14 perguruan pencak silat di Madiun yang bakal tampil dalam festival bertaraf internasional tersebut. ‘’Kami ingin kenalkan ke masyarakat luas bahwa Madiun adalah Kota Pendekar,’’ kata Maidi.

PERFORM: Anggota Yonif Linud Para Raider 501/Bajra Yudha menyuguhkan gerakan dari pencak silat nusantara saat pembukaan Festival Seni Pencak Silat Nusantara di Alun-Alun Kota Madiun.

Menurut dia, tujuan utama dari penyelenggaraan festival ini adalah untuk mengungkit wisata seni dan budaya Kota Madiun. Tetapi, agar lebih prestisius, Maidi berencana menggelar festival seni pencak silat nusantara pada saat bulan Muharam (kalender Islam).  ’’Nanti akan kami coba gelar sebulan penuh,’’ ujarnya.

Diakuinya, konsep festival seni pencak silat nusantara dalam tempo waktu sebulan itu sudah tersusun. Pihaknya memberikan kesempatan 14 perguruan pencak silat yang ada di Madiun untuk tampil. Setiap perguruan diberi waktu tampil selama dua hari di Alun-Alun Kota Madiun. ‘’Selanjutnya, pada dua hari terakhir bulan itu adalah babak grand final,’’ terang mantan sekda Kota Madiun tersebut.

Dengan begitu, Maidi berharap setiap pendekar bisa saling bertukar ilmu dan wawasan tentang pencak silat. Sekaligus dapat mengukuhkan Madiun sebagai Kota Pendekar. ’’Nanti seluruh pesilat itu akan kami undang ke Kota Madiun. Mereka bisa saling mempelajari jurus baru setiap harinya,’’ katanya.

Dalam pembukaan Festival Seni Pencak Silat Nusantara tadi malam juga ditampilkan seni pencak silat nusantara dari anggota Yonif Linud Para Raider 501/Bajra Yudha. (her/c1/ota/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here