Pergantian Tahun Diprediksi Diwarnai Gerimis

86

PACITAN – Tidak hanya hujan, cuaca buruk diprediksi bakal melanda wilayah Kabupaten Pacitan pada pergantian tahun ini. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan bakal mewarnai awal tahun 2019 besok. ‘’Mulai intensitas ringan hingga sedang berpotensi terjadi,’’ kata Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan Dianita Agustinawati kemarin (29/12).

Kendati demikian, Dianita memprediksi tak akan berdampak pada kondisi alam Pacitan. Pasalnya, selain intensitasnya tidak lebat, durasi pun tak begitu lama. Waktunya, sekitar sore hingga malam. ‘’Dari prakiraan cuaca, saat pergantian tahun beberapa wilayah di Pacitan diprediksi gerimis,’’ ujarnya.

Dia juga mengimbau wisatawan yang ingin ke pantai untuk waspada. Meski gelombang relatif landai, diperkirakan antara dua hingga 2,5 meter. Relatif aman, namun para pengunjung tetap harus menaati aturan jarak aman bermain air. Wisatawan juga diimbau tak terlalu dekat karang saat hendak mengambil gambar. ‘’Kejadian yang sudah-sudah, mereka (wisatawan, Red) terlalu asyik hingga kelewat batas,’’ tuturnya.

Terkait potensi longsor, Dianita menyebut jalur Pacitan-Ponorogo jadi perhatian saat hujan intensitas tinggi. Dia berharap masyarakat yang hendak ke Pacitan untuk tetap waspada. ‘’Jadi, seumpama hujannya sesuai prediksi berintensitas ringan, kemungkinan tak ada longsor,’’ ucapnya.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Pacitan Pujono menambahkan, sejak libur Natal dan tahun baru (Nataru) pihaknya mengintensifkan patroli guna mengantisipasi lonjakan wisatawan. Beberapa petugas juga disebar ke sejumlah pantai untuk membantu pengamanan. Dia berharap, kecelakaan wisatawan dapat diminimalkan. ‘’Kami akan siagakan personel untuk membantu, khususnya tim reaksi cepat,’’ katanya. (mg6/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here