AdvertorialMadiun

Percepat Cetak 39 Ribu KIA, Dispendukcapil Jemput Bola ke Sekolah

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Pencetakan kartu identitas anak (KIA) oleh Dispendukcapil Kota Madiun terus dikebut. Senin (18/11) lalu, mereka mendatangi SMPN 1 Madiun untuk mempercepat proses perekamanan KTP anak tersebut.

Lebih dari 240 siswa mengantre di depan layanan mobil keliling dispendukcapil yang parkir di halaman sekolah. Mereka menunggu giliran untuk perekaman KIA. Sebagian besar siswa tersebut berasal dari kelas VIII. Namun, ada juga yang dari kelas IX.

Kepala Dispendukcapil Kota Madiun Nono Djatikusumo mengatakan, perekaman KIA di sekolah dilakukan secara bertahap sampai akhir November. Namun, bisa juga diperpanjang sampai Desember.

DITELITI: Dua orang petugas Dispendukcapil Kota Madiun memeriksa kelengkapan berkas syarat perekaman KTP anak di SMPN 1 Madiun.

Sehingga, ditargetkan pada akhir 2019 progres perekaman KIA bisa mencapai 80 persen atau sekitar 39 ribu lembar. Saat ini, sebut Nono, realisasi perekaman KIA yang sudah tercetak sebanyak 37.064 lembar. Sementara, targetnya 48.762 lembar. ‘’Sekarang progresnya sudah 76 persen,’’ ujarnya.

Yang jelas, kata dia, perekaman KIA terus dijalankan secara berkelanjutan. Tidak bisa tahun depan klir semua. Karena perpindahan penduduk dari luar daerah ke Kota Madiun sangat dinamis. Belum lagi hampir setiap tahun ada penambahan jumlah penduduk dengan kelahiran baru. ‘’Kami menggandeng dinas pendidikan agar siswa bisa memiliki KIA,’’ terang Nono.

Penerbitan KIA diatur dalam Permendagri 2/2016. Kebijakan itu bertujuan meningkatkan pendataan, perlindungan, dan pelayanan publik kepada anak-anak. Ada sejumlah manfaat yang diperoleh ketika anak memiliki KIA. Seperti bisa digunakan kelengkapan dokumen pendaftaran saat sekolah, pembuatan rekening, keimigrasian, hingga pelayanan kesehatan di puskesmas atau rumah sakit. (her/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close