Perbup Peternakan Diberlakukan Bulan Depan

90

MADIUN – Membangun usaha peternakan di Kabupaten Madiun sudah tidak bisa seenaknya. Dinas pertanian dan perikanan (disperta) segera mengesahkan peraturan bupati (perbup) tentang izin usaha tersebut. Regulasi yang tinggal menunggu tanda tangan bupati itu bakal mengontrol standar dan kelayakan atas usaha yang diinginkan investor. ‘’Mei mungkin perbup ini bisa diberlakukan,’’ kata Kabid Peternakan Disperta Kabupaten Madiun Estu Dwi Waluyani.

Estu membeberkan, perbup sebagai dasar hukum jenis usaha ternak ayam, kambing, hingga sapi. Memuat kriteria usaha peternakan layak dan persyaratan yang harus dipenuhi investornya. Mulai usaha skala kecil hingga besar. Contohnya, ketentuan jarak kandang harus minimal 250 meter dari permukiman. ‘’Perbup ini diharapkan bisa membuat peternak memahami cara beternak yang baik,’’ ujarnya kepada Radar Caruban.

Bila sudah klir, perbup bakal diteruskan ke dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu (DPMPTSP). Dinas itu yang bakal mengaplikasikan regulasi kepada setiap investor yang hendak mengurus izin peternakan. ‘’Kami sekadar memberikan rekom sebagai syarat memperoleh izin DPMPTSP,’’ ucapnya sembari menyebut perbup juga bakal disosialisasikan.

Aksi penutupan ternak ilegal diharapkan sudah tidak ada lagi setelah turunnya perbup. Mengingat sudah ada tiga kasus sepanjang tahun lalu hingga kini. Penyegelan satpol PP di Balerejo, Sawahan, dan Madiun, itu buntut pengusaha yang tidak memenuhi syarat hingga mengakibatkan gangguan lingkungan. Meski kebanyakan usaha skala kecil menengah, namun proses pembangunannya juga menggunakan modal. ‘’Ya cukup disayangkan kalau harus ditutup,’’ ujarnya.

Estu menyebut, jenis usaha ternak terbanyak di Madiun adalah peternakan ayam. Sayangnya, sebagian besar abai dengan pencemaran akibat usaha yang dijalankan. Akibatnya, limbah berdampak pada lingkungan hingga membuat pengusaha itu dimusuhi tetangganya sendiri. ‘’Persoalan semacam itu malah menghambat usaha. Karena itu lebih baik menjalakan usaha sesuai peraturan,’’ tuturnya. (fat/cor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here