Perbaikan Tiga Ruas Jalan Utama Tuntas Sebelum Lebaran

27

MAGETAN – Menjelang Lebaran, Pemkab Magetan memastikan kondisi jalan di beberapa ruas dalam keadaan baik. Terutama arus jalan utama yang nantinya akan digunakan sebagai jalur kendaran para pemudik.

Kabid Bina Marga dan Jembatan DPUPR Magetan, Parlan mengatakan proses perabaikan jalan rusak dan berlubang sudah mulai dilakukan sejak minggu pertama Ramadan lalu.  Di mana fokus perbaikan dititikberatkan di zona tiga dan empat yang berada di wilayah selatan Magetan. ‘’Perbaikan menggunakan sistem tambal. Tapi, ada juga yang menyeluruh. Khususnya jalan yang sudah overlay,’’ katanya.

Dia menyebutkan perbaikan itu dilakukan di tiga jalan alternatif. Antara lain, jalur Parang–Lembeyan, Ngariboyo–Tamanarum, dan Kawedanan–Lembeyan. Adapun tiga ruas jalan yang terus dikebut perbaikannya itu memiliki tingkat kerusakan berbeda beda. ‘’Kami targetkan perbaikan dengan pemeliharaan bisa selesai pada H-5 sebelum Lebaran,’’ terang Parlan.

Proses perbaikan jalan dikerjakan oleh masing-masing UPT di kecamatan. Jenis perbaikannya berupa penambalan jalan berlubang. Hal tersebut diterapkan pada ruas Parang–Lembeyan. Mekanismenya dengan penunjukkan langsung (PL).

Parlan mengungkapkan anggaran perbaikan jalan itu menggunakan dana pemeliharaan. Hanya, dia tak tahu pasti berapa nominalnya. Karena posnya tersebar di masing-masing UPT. ‘’Setiap UPT sudah ada anggarannya masing-masing. Dan, perbaikan ini tidak harus dilakukan menjelang mudik Lebaran saja,’’ ujarnya.

Dia mengungkapkan kerusakan jalan di tiga jalur alternatif mudik itu lebih disebabkan karena overtonase. Jalan itu merupakan kategori kelas III. Sementara, yang melintas adalah truk dengan muatan antara 5–10 ton. ‘’Terutama truk-truk pasir,’’ ungkap Parlan. (mgc/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here