Perbaikan Tanggul Kali Gandong Tunggu Rekomendasi Teknis BBWSBS

69

MAGETAN – Peluang diperoleh Pemkab Magetan dalam upayanya memperbaiki tanggul Kali Gandong yang ambrol. Asalkan desain perbaikan tanggul yang disusun oleh dinas pekerjaan umum dan penataan ruang (DPUPR) mendapat rekomendasi teknis dari BBWS Bengawan Solo. ‘’Desain yang sudah mendapat rekomendasi itu akan menjadi dasar pembuatan rencana anggaran biaya (RAB),’’ kata Kasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Magetan, Gatut Purwanto kemarin (11/4).

Hanya, menurutnya, semua bergantung pada kekuatan anggaran daerah. Jika pemkab mampu mengalokasikan anggaran sesuai dengan kebutuhan RAB, tentu tanggul yang sudah ambrol sejak dua tahun lalu itu dapat segera direhabilitasi. ‘’Jika keuangan pemkab Magetan tidak memungkinkan, bisa diajukan kepada pemprov maupun pemerintah pusat,’’ ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, desain perbaikan tanggul itu dalam proses penyusunan oleh DPUPR. Bahkan, mereka telah menyurvei lokasi ambrolnya tanggul tersebut. Serta berkas dari BBWS Bengawan Solo yang diperoleh BPBD sudah disetor ke DPUPR sebagai bahan evaluasi teknis. ‘’Kami intens berkoordinasi dengan DPUPR, terkait kelengkapan administrasi ini supaya cepat mendapatkan penanganan,’’ ujar Gatut.

Namun demikian, dia tak tahu menahu berapa kebutuhan anggaran untuk perbaikan tanggul tersebut. Menurutnya, itu semua yang menghitung adalah DPUPR. Sementara pihaknya hanya berharap rekomendasi teknis dari BBWS Bengawan Solo segera diperoleh. ‘’Kalau pemkab tidak bisa mengkover, kami cari ke pemprov. Sebaliknya, apabila pemprov tidak bisa akan kami teruskan sampai pusat,’’ katanya. (bel/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here