Perbaikan Talut Kopen Diproyeksikan Tahun Depan

32

MAGETAN – Amblas jalan di Dusun Kopen, Desa Gonggang, Kecamatan Poncol, akhirnya mendapat kejelasan perbaikan. Jalan menikung dekat jembatan yang rusak sejak Maret itu sudah disurvei Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Magetan, Senin (8/10). ‘’Nanti dipasangi bronjong darurat agar kerusakannya tidak parah,’’ tutur Kusnaini, kades Gonggang.

Arahan DPUPR, pemdes diminta mengajukan proposal ke dinas pemberdayaan masyarakat dan desa (DPMD). Nanti, perbaikan yang tak bisa ditanggung DPUPR itu bisa diakomodasi DPMD dari pos dana alokasi khusus (DAK). ‘’Proposalnya pun sudah kami kirimkan hari ini,’’ ujarnya.

Dalam pengajuannya, pemdes setempat mengajukan dana Rp 600 juta. Di-sharing-kan dengan dana yang bakal dianggarkan dari kantong pemdes sebesar Rp 300 juta. Rencananya, dalam perbaikan nanti tidak dilebarkan ke barat. Sebab, kontur jalan dan jembatan terlampau mepet dengan masjid dan rumah penduduk. ‘’Tapi, dilebarkan ke timur,’’ sebutnya.

Volume jalan amblas itu sepanjang 12 meter, tinggi 18 meter, dan lebar 2 meter. Talut yang porak-poranda itu kini dipagari seadanya dengan bambu setinggi 1 meter. Dalam kondisi darurat ini, lebar jalan yang bisa diakses tak sampai 2 meter. Jalan tikungan itu cukup membahayakan jika kurang lebar dan amblas seperti sekarang ini. ‘’Kendaraan besar tak bisa lewat. Maksimalnya, hanya pikap,’’ sebutnya. (mg4/c1/fin)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here