Perbaikan Pendidikan Sebuah Keharusan

17

Oleh: Moh Ubahil Islam

Wakil Ketua Komisi D DPRD Ponorogo

PENDIDIKAN menengah sangat penting dalam membentuk karakter pelajar. Baik di jenjang menengah pertama maupun menengah atas. Saat ini, siswa kelas menengah atas telah menunaikan kewajibannya dalam menempuh pendidikan di bangku sekolah. Sementara, adik-adik mereka yang baru lulus dari bangku sekolah dasar, sebentar lagi akan naik ke tingkat menengah pertama. Ini tak kalah penting.

Pertanyaan utama yang dilontarkan saat ini adalah, sudahkan sistem penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMP sesuai harapan? Dari informasi yang telah kami terima, aturan untuk tahun ajaran 2019/2020 tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. Tetap menggunakan sistem zonasi. Aturan itu bagus. Jika implementasinya fair, maka harapan pemerataan pendidikan akan terwujud. Sekali lagi, jika fair.

Karena itu, penting bagi dindik untuk menyelenggarakan PPDB strict sesuai aturan yang ada. Jangan sampai zonasi ada permainan. Lalu, jangan lupakan jalur-jalur yang lain. Seperti jalur khusus warga yang kurang mampu, maupun siswa yang berprestasi. Jangan sampai, jalur-jalur kedua dan ketiga itu tak terdaftar karena minim sosialisasi. Karena pada dasarnya, setiap anak di Ponorogo punya hak yang sama dalam mengenyam pendidikan. Entah dia anak pejabat atau anak penarik becak. Pemerintah tidak boleh tebang pilih.

Catatan kami yang lain adalah jumlah rombongan belajar atau rombel. Setiap sekolah harus berpedoman pada rombel yang sudah ditetapkan. Tidak boleh dengan sengaja menambah jumlah rombel. Karena itu akan membuat sekolah lain kekurangan siswa. Saya kira, dindik sudah paham betul mengenai hal ini. Apalagi, data kelulusan siswa di tingkat SD juga sudah jelas.

Perbaikan ke arah yang lebih baik adalah sebuah keharusan. DPRD sejak empat tahun terakhir selalu menyarankan pentingnya menyelenggarakan PPDB secara serentak, baik di lingkup dindik maupun kemenag. Supaya tidak ada sekolah yang mencuri start menyelenggarakan PPDB lebih dulu. Beberapa waktu lalu kami sempat belajar mengenai penyelenggaraan PPDB secara serentak di Kota Jogjakarta dan Gunungkidul. Di kedua daerah, PPDB serentak bisa diselenggarakan dengan baik dan tanpa masalah.

Berbagai hal itu akan kembali kami sampaikan kepada dindik. Rencananya sebelum PPDB digelar, DPRD akan mengagendakan hearing dengan dindik. Supaya penyelenggaraan dapat semakin matang. Supaya warga Ponorogo pun dapat terfasilitasi dengan baik di PPDB kali ini. Bagaimanapun, ujungnya adalah meningkatkan kualitas SDM anak-anak kita. (naz/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here