Perbaikan Jembatan Beringin Digelontor Rp 172 Juta

10

MAGETAN – Kerusakan yang terjadi pada Jembatan Beringin mendapat perhatian dari DPUPR Magetan. Sesuai rencana jembatan yang menghubungkan antara Desa Selorejo-Ponggok itu bakal diperbaiki paling lambat akhir April 2019.

‘’Secara konstruksi fisik bangunan, jembatan itu memang sudah selayaknya direnovasi,’’ kata Sekretaris DPUPR Magetan Muchtar paling lambat akhir bulan ini sudah kita mulai pengerjaan fisiknya, ‘’ Kata Seketaris Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga Muhtar Wachid.

Dikatakan, jembatan tersebut dibangun sekitar tiga dekade lalu. Pembangunannya melalui sistem swadaya. Hanya, saat ini jembatan itu kondisinya sangat memprihatinkan. Pondasinya tergerus sampai 1,5 meter oleh aliran air sungai. Sehingga harus ditutup operasionalnya oleh warga setempat untuk kendaraan roda empat ke atas. ‘’Harus putar sejauh empat kilometer melalui jalan alternatif lainnya,’’ ungkap Muchtar.

Pembangunan jembatan itu bakal menerapkan sistem perencanaan darurat. Dengan alokasi anggaran yang disiapkan mencapai Rp 172 juta. Melalui mekanisme penunjukkan langusng (PL). ‘’Diharapkan bisa selesai cepat, mengingat fungsi vital bagi perekonomian warga,’’ ujarnya.

Seperti diketahui, sebelumnya warga berniat memperbaiki jembatan itu secara swadaya. Tujuannya supaya jembatan tersebut dapat dilewati lagi oleh kendaraan roda empat ke atas. Namun, rencana warga itu tercium oleh pemkab. Hingga akhirnya, mereka mengalokasikan anggaran Rp 172 juta melalui mekanisme PL. ‘’Kami harap selama perbaikan, warga membantu mengatur lalu lintas kendaraan yang mewati jembatan tersebut,’’ tutur Muchtar. (mgc/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here