Madiun

Penyaluran Paket Data Tidak Bersamaan

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Penangguhan pembelajaran tatap muka (PTM) tidak menggugurkan bantuan paket data internet. Bantuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) itu sudah diterima sekolah menengah atas.

Nirmala Putri telah menerima kuota 35 Gb pada 28 September lalu. Meringankan bebannya saat menggunakan aplikasi pertemuan virtual seperti Zoom atau Google Meet yang memerlukan kuota besar. ‘’Paket data langsung masuk ke nomor yang saya gunakan,’’ kata siswi kelas XI SMAN 02 Kota Madiun itu.

Namun, pembagian paket data 30 Gb untuk aplikasi pembelajaran dan 5 Gb paket umum dirasa kurang efektif. Pasalnya, pembelajaran jarak jauh (PJJ) tidak sebatas pertemuan virtual, tapi juga mencari materi dari berbagai platform. ‘’Kalau mencari referensinya hanya dijatah 5 Gb, masih kurang,’’ ungkapnya.

Febri Widyana Sari mengaku baru mendapatkan paket data Selasa (6/10). Sementara beberapa teman lainnnya sudah mendapatkannya lebih dulu. ‘’Padahal batas aktif paket data hanya sampai 28 Oktober,’’ ujarnya.

Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan Madiun Supardi mengklaim bantuan paket dari Kemendikbud telah tersalurkan semua. Bantuan paket data langsung masuk ke masing-masing nomor. Hingga kini pihaknya tidak menerima laporan terkait kendala pendistribusiannya. ‘’Semuanya sudah dapat,’’  katanya.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kota Madiun Agus Supriyanto memastikan seluruh nomor guru dan siswa telah didaftarkan ke data pokok pendidikan (dapodik). Guru mendapatkan 42 Gb, terbagi 37 Gb untuk kuota belajar dan 5 Gb kuota umum. Siswa mendapatkan 35 Gb, terdiri 30 Gb kuota belajar dan 5 Gb kuota umum. ‘’Hingga kini  tidak ada kendala,’’ sebutnya. (mg3/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close