Penuh Sampah, Pancer Door Tak Seindah di Medsos

238

PACITAN – Pengunjung objek wisata Pantai Pancer Door Pacitan dikhawatirkan bakal kapok. Sebab, hingga liburan natal dan tahun baru (nataru) kali ini kondisinya masih memprihatinkan. Pantai yang hanya berjarak 3,5 kilometer dari jantung Pacitan itu penuh sampah. Plastik, ranting hingga akar pohon berserakan. ‘’Ternyata seperti ini (kotor, Red). Kalau lihat difoto bagus, bersih pantainya,’’ kata Andri Yuliani, salah seorang pengunjung, kemarin (22/12).

Perempuan asal Madiun itu pun kecewa. Bahkan dia tidak enak hati. Pasalnya, dia pula yang merekomendasikan tempat itu kepada rombongan temannya. Itu setelah Andri kesengsem dengan tampilan pantai Pacer Door dari media sosial. Sementara lokasinya pun tidak terlalu jauh dari Paitan kota. ‘’Kalau seperti ini, nggak enak sama teman-teman,’’ keluhnya.

Suwito, salah seorang warga di kawasan Pancer Door, menyebut sampah tersebut mulai kentara sejak dua pekan lalu. Atau bersamaan dengan hujan deras belakangan. Sampah tersebut terbawa aliran Sungai Grindulu saat arus sedang besar. ‘’Karena muaranya di sini (Pantai Pancer Door). Kalau aliran sungai besar, air dan sampah masuk ke laut dan tersapu minggir ke pantai,’’ jelasnya.

Menurut dia, sebagian warga dan nelayan setempat sesekali membersihkan. Namun, lantaran sampahnya banyak, mereka pun kewalahan. Dia berharap sampah-sampah tersebut juga mendapat perhatian Pemkab Pacitan. ‘’Selain itu, pengunjung juga jangan menambah buruk. Membuang sampah sembarangan,’’ ungkapnya.

Kepala Bidang Pemasaran Disparpora Pacitan Budi Hartoko tidak menampik kondisi tersebut. Dia mengklaim sudah membersihkan Pantai Pancer Door bersama sejumlah elemen. Di antaranya TNI-Polri dan relawan yang terdiri dari Pemuda Sronojolo hingga pehobi surfing. Selain itu, Pemkab Pacitan kerap melakukan kegiatan bersih-bersih. ‘’Pemkab juga mengarahkan kegiatan jumat bersih ke pantai,’’ tuturnya.

Menurut dia, usaha Pemkab Pacitan tidak kurang-kurang. Pasalnya, objek wisata tersebut digadang-gandang menjadi salah satu destinasi andalan Pacitan. Buktinya, dengan disiapkan sejumlah sarana olahraga di lokasi tersebut. Sedangkan tiket masuk pun relatif murah.  ‘’Kondisinya, sebenarnya juga nyaman dan tenang,’’  sebutnya. (odi/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here