Pengurus Baru Karang Taruna Ngawi Dilantik

61
RESMI DILANTIK: Tri Pujo Handono menandatangani berita acara pelantikan pengurus Karang Taruna Ngawi kemarin.

NGAWI – Karang taruna kini tidak lagi identik dengan kumpulan pemuda yang biasa membantu orang hajatan dan terlibat kegiatan olahraga. Melainkan lebih pada partner pemerintah daerah dalam menunjang pembangunan. Termasuk menangani penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS).

‘’Sama dengan Tagana (Taruna Siaga Bencana, Red), pendamping PKH (Program Keluarga Harapan), dan yang lain,’’ kata Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Ngawi Tri Pujo Handono di sela acara pelantikan pengurus Karang Taruna Ngawi periode 2019-2024 di Pendapa Wedya Graha kemarin (11/3).

Usai pelantikan, Tri Pujo selaku penanggung jawab di kepengurusan karang taruna yang baru itu meminta agar segera dilakukan konsolidasi dengan semua instansi maupun lembaga yang berkaitan dengan kegiatan sosial di Ngawi. ‘’Tujuannya mengenalkan kepada mereka bahwa sudah ada kepengurusan karang taruna daerah baru sehingga jika dibutuhkan setiap saat mereka siap,’’ ujarnya.

Menurut dia, konsolidasi perlu dipercepat lantaran sasaran utama mereka cukup banyak. Yakni, para PMKS yang terdiri dari 26 jenis, mulai orang miskin hingga penyandang disabilitas. ‘’Semuanya, baik yang muda maupun tua, wajib ditangani sesuai bidang yang ada di kepengurusan karang taruna,’’ tegasnya.

Tri Pujo juga meminta pengurus yang baru segera menyiapkan program kerja. Baik jangka pendek maupun menengah. Di sisi lain, pihaknya siap membantu merumuskan jika pengurus baru menemui kesulitan. ‘’Mudah-mudahan dalam waktu dekat, program kerja telah tersusun,’’ harapnya.

Sebanyak 48 pengurus dan anggota Karang Taruna Ngawi periode 2019-2024 kemarin dilantik langsung oleh Bupati Budi ’’Kanang’’ Sulistyono. Acara pelantikan dihadiri forum koordinasi pimpinan kepala daerah (forkopimda) setempat dan pengurus Karang Taruna Jawa Timur. (tif/c1/isd/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here