Madiun

Pengungsi dari Wamena Terus Bertambah

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Jumlah pengungsi dari Wamena asal Kabupaten Madiun terus bertambah. Kamis (17/10), sebanyak sepuluh warga Kabupaten Madiun dipulangkan oleh pemkab melalui jalur udara. Dengan demikian, sudah ada 12 warga Kabupaten Madiun yang eksodus dari Wamena pasca kerusuhan beberapa pekan lalu.

Bahkan, jumlah tersebut belum termasuk delapan pengungsi lainnya asal Kediri dan Madura yang sempat dipulangkan pemkab pekan lalu melalui Lanud Iswahjudi. ‘’Semua pengungsi akan kami berikan pelindungan mulai dari kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan,’’ kata Bupati Madiun Ahmad Dawami.

Diakuinya, pemkab sangat serius menangani masalah sosial para pengungsi dari Wamena. Karena itu, pihaknya berusaha maksimal untuk memfasilitasi mereka agar bisa kembali hidup normal. ‘’Semua akan kami data dan selanjutnya diberikan bantuan sesuai yang diperlukan,’’ ujar Kaji Mbing, sapaan akrab bupati Madiun.

Sementara itu, Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Madiun Erwina Purnamasari tak menampik masih banyak warga Madiun yang saat ini tinggal di Wamena. Dia meminta mereka untuk waspada. Serta memanfaatkan bantuan posko dari Pemprov Jatim. ‘’Donasi tetap jalan, semua yang di sana juga tidak luput dari pantauan,’’ tuturnya.

Saat ini, fokus dinsos adalah mengembalikan kondisi psikologis para pengungsi. Menurut Erwin itu penting agar mereka tidak terbebani dan bisa kembali beraktivitas normal. ‘’Mereka yang masih anak-anak akan dibantu untuk mendapatkan pendidikan, sedangkan mereka yang masih berusia produktif akan coba dicarikan pekerjaan,’’ terang Erwin. (mgc/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close