Pengoperasian Bus ASG dari Kemenhub Tunggu Kajian Bupati

71

PACITAN – Pacitan tidak luput mendapatkan bus angkutan sekolah gratis (ASG) dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Satu unit armada dihibahkan kepada pemkab sebagai reward atas raihan penghargaan Indonesia Road Safety Awards (IRSA) 2017. ‘’Pacitan waktu itu meraih pilar manajemen keselamatan jalan,’’ kata Kepala Dinas Perhubungan Wasi Prayitno kemarin (20/12).

Meski begitu, kata Wasi, bus kelir kuning yang tiba dua pekan lalu itu belum bisa dioperasikan dalam waktu dekat. Kendaraan tersebut masih dalam kajian bupati dan sejumlah pihak terkait. ‘’Pengoperasiannya tergantung Pak Bupati,’’ ujarnya.

Wasi menambahkan, beberapa tahun lalu Pacitan juga mendapatkan empat unit ASG dari Kemenhub. Tiga di antaranya dioperasikan di wilayah Kecamatan Punung, Tegalombo, dan Sudimoro. Sedangkan satu lainnya diserahkan ke SMAN 1 Pacitan. ‘’Tapi itu murni bantuan, tidak ada embel-embel reward,’’ tegasnya.

Dia menyebut, empat bus itu dikelola UPT dinas pendidikan kecamatan setempat. Sedangkan kebutuhan operasionalnya ditangani dindik. ‘’Kalau yang baru ini belum ditentukan di mana (penempatannya, Red), menunggu kajian lebih lanjut,’’ tuturnya.

Bagaimana dengan penghargaan IRSA tahun ini? Wasi mengatakan, Pemkab Pacitan juga dijanjikan reward oleh Kemenhub. Hanya, sejauh ini belum diketahui diwujudkan dalam bentuk apa. ‘’Kalau bisa bus lagi,’’ ujarnya kepada Radar Pacitan.

Kasat Lantas Polres Pacitan AKP Miftakhul Amin menyambut baik kedatangan satu unit ASG dari Kemenhub. Dia menilai keberadaan bus tersebut mampu menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas yang melibatkan kalangan pelajar. ‘’Selain belum memiliki SIM, kesiapan mental dan pengetahuan keselamatan berkendara mereka masih kurang,’’ sebutnya.

Agus Dwi Sanjoyo, salah seorang warga, berharap ASG terbaru itu segera dioperasikan. Alasannya, selain faktor keselamatan, adanya armada tersebut bisa menekan pengeluaran untuk antar-jemput anaknya ke sekolah. ‘’Tapi, jangan karena  gratisan, pelayanannya asal-asalan,’’ ucapnya. (odi/c1/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here