Penghitungan Suara Hasil Pemilu 2019 Masih Abu-Abu

326

PACITAN – Hingga dua hari pasca-pemungutan suara Pemilu 2019, perolehan suara sementara partai politik di Pacitan masih abu-abu. Namun, DPC Partai Demokrat Pacitan mengklaim mendapat tambahan satu kursi di daerah pemilihan (dapil) 5 Ngadirojo-Sudimoro. ‘’Selain incumbent Heru dan Joko, juga Tumardi,’’ kata Kristanto, anggota Badan Pemenangan Pemilu Partai Demokrat Pacitan, kemarin (19/4).

Untuk sementara Tumardi sudah meraup 5.000 lebih suara. Bahkan, perolehan suara caleg nomor urut 7 tersebut mendongkrak perolehan suara Demokrat pada Pemilu 2019 ini. Kristanto juga mengungkap bakal terjadi bongkar pasang anggota DPRD hasil Pemilu 2019 ini. Pasalnya ada sejumlah caleg yang meraih suara tinggi. ‘’Dapil 1 ada Gimat dan Dapil 6 ada Arif Setia Budi,’’ imbuhnya.

Hanya, Kristanto belum bisa membeber jumlah suara Gimat dan ASB. Menurut dia, data perolehan suara dikantongi masing-masing caleg. Sedangkan partai belum memperolah hasil penghitungan dari TPS. Pasalnya para caleg hanya konsetrasi mencari tahu perolehan suara masing-masing. Sementara dia keseluruhan suara partai. Terkait siapa yang digantiikan, menunggu hasil perolehan suara terkumpul semua. ‘’Estimasi KPU Pacitan 10 hari lagi,’’ tuturnya.

Sedangkan intern DPC Demokrat diperkirakan rampung tiga hingga mepat hari ke depan. Kristanto membantah lemot. Sebab, suara masuk sudah mencapai 90 persen. Alasannya penghitungan butuh waktu. Bahkan para saksi baru mendapatkan salinan form C1 subuh. Bahkan hingg pagi. Pun proses penghitungan bertahap mulai PPS dan PPK. ‘’Untuk DPC hitungan terakhir,’’ tambahnya.

Kristanto juga mengklaim perolehan suara Partai Demokrat meningkat di banding Pemilu 2014. Namun, Kristanto enggan membocorkannya. Alasannya, rekapitulasi yang masuk dari perolehan caleg. Menurut dia, itu merupakan hasil dari intensitas kegiatan, termasuk kampanye bersama manyarakat yang meningkat. ‘’Kemungkinan lainnya dari tingkat kehadiran pemilih juga,’’ jelasnya. (odi/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here