Penetapan Perda Pertanggungjawaban APBD 2018

15
SEPAKAT: Ketua DPRD Ali Mufthi menandatangani penetapan perda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2018, Senin (11/6).

PONOROGO – DPRD dan Pemkab Ponorogo sepakat mengesahkan perda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2018 melalui dua rapat paripurna yang digelar secara maraton, Senin (11/6). DPRD berkomitmen untuk terus bekerja secara cepat dalam menuntaskan berbagai raperda lainnya. ‘’Semua bisa satu visi dalam memandang pertanggungjawaban APBD ini, sehingga prosesnya bisa dipercepat,’’ terang Ketua DPRD Ali Mufthi.

Rapat paripurna pertama digelar pukul 10.00 dengan dua agenda sekaligus. Yakni penyampaian bupati terhadap usulan raperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2018, dan dilanjutkan dengan agenda penyampaian pendapat badan anggaran (banggar) atas usulan raperda tersebut.

Sementara, rapat paripurna kedua digelar sekitar pukul 12.30 dengan agenda penyampaian pandangan umum fraksi terhadap usulan raperda itu. Paripurna kedua ditutup dengan pengesahan perda. Menurut Ali, pembahasan pertanggungjawaban APBD belum telat walau digelar di bulan Juni. ‘’Masih dalam koridor waktu yang seharusnya,’’ kata dia.

Ketua DPRD Ali Mufthi mengatakan, disahkannya perda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2018 menandakan jika DPRD dapat menerima. Tentu, disertai sejumlah catatan dan masukan. ‘’Semua fraksi dapat menerima pertanggungjawaban dari eksekutif. Berbagai fraksi juga memberikan sejumlah rekomendasi, dan yang utama adalah kewajiban menjalankan APBD sesuai trek. Selain, wajib berpedoman dengan penilaian dari BPK,’’ imbuhnya.

Di lain pihak, Bupati Ipong Muchlissoni menyambut positif langkah yang dilakukan DPRD dalam menuntaskan perda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2018. Sebab tak dipungkirinya, waktu dan konsentrasi para anggota DPRD banyak tersita oleh pileg 2019 yang digelar tak lama sebelum bulan ramadan. ‘’Jadi kalau ada percepatan pembahasan, kami menyambut gembira supaya bisa segera mengalihkan konsentrasi pada pekerjaan yang lain. Percepatan ini juga sudah melalui semua prosedur yang ada,’’ ujar Ipong. (naz/adv/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here