PDIP Raih Kursi Terbanyak di DPRD, Demokrat Runner-up

39
SAH: Ketua KPU Magetan Fahrudin menandatangani berita acara penetapan 45 anggota DPRD periode 2019-2024.

MAGETAN – Setelah tertunda lama, akhirnya 45 caleg terpilih hasil Pemilu 2019 di Magetan ditetapkan Senin (22/7). Jika sesuai jadwal, penetapan seharusnya dilakukan sejak registrasi perkara konstitusi rampung dicatat oleh Mahkamah Konstitusi (MK) pada 4 Juli lalu. ‘’Seharusnya ditetapkan 4 Juli lalu, tapi kami baru bisa melaksanakan hari ini (kemarin, Red) karena buku registrasi perkara konstitusi (BRPK) baru keluar,’’ kata Ketua KPU Magetan Fahrudin.

Pasca ditetapkan, KPU Magetan bakal bersurat ke gubernur untuk diusulkan dilantik melalui bupati. Hanya, untuk jadwal pelantikan caleg terpilih tersebut, KPU Magetan mengaku tidak tahu.

Dalam penetapan tersebut, PDIP menempatkan kadernya paling banyak di DPRD Magetan. Yaitu, 10 kursi. Kemudian, kursi terbanyak kedua diperoleh Partai Demokrat dengan enam kursi. Selanjutnya, PKB, Golkar, dan Gerindra masing-masing lima kursi. Serta, Nasdem (4), PKS (4), PAN (3), PPP (2), dan Hanura (1). ‘’Sebanyak 45 anggota terpilih ini sudah sah. Tinggal menunggu pelantikannya,’’ ujar Fahrudin.

Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Magetan Nur Salam mengapresiasi penyelenggaraan Pemilu 2019 yang berjalan lancar dan kondusif. Di samping tingginya partisipasi pemilih pemilu yang mencapai 80 persen. ‘’Ini sangat luar biasa. Angka partisipasi melebihi target,’’ ungkapnya. (bel/c1/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here