Penetapan Caleg Terpilih Hasil Pemilu 2019 Diundur

63

NGAWI – KPU meralat jadwal penetapan perolehan kursi parpol dan nama-nama calon anggota legislatif (caleg) terpilih hasil Pemilu 2019. Jika sebelumnya penetapan bakal dilakukan tiga hari setelah proses rekapitulasi perolehan suara tingkat nasional selesai, belakangan diundur menjadi awal Juli mendatang. ‘’Kami memang sempat salah menyampaikan informasinya,’’ kata Ketua KPU Ngawi Syamsul Wathoni Jumat (24/5).

Toni -sapaan akrab Syamsul Wathoni- mengakui, sebelumnya pernah menyampaikan jadwal penetapan perolehan kursi dan calon terpilih untuk anggota DPRD kabupaten tiga hari setelah rekapitulasi perolehan suara nasional selesai. Asumsinya kala itu, penetapan dilakukan 26 Mei karena batas akhir KPU RI mengumumkan hasil rekapitulasi 22 Mei. Namun, karena pengumuman itu maju, penetapan juga maju.

Tapi, lanjut Toni, sesuai Peraturan KPU (PKPU) 10/2019 tentang perubahan ke empat PKPU 7/2017 tentang tahapan dan jadwal dalam pemilu, akhirnya penetapan kursi dan calon terpilih dilakukan paling lambat tiga hari setelah Mahkamah Konstitusi (MK) mencantumkan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) dan buku registrasi perkara konstitusi (BPRK).

Perkiraan yang disampaikan Toni berdasarkan Peraturan Mahkamah Konstitusi (PMK) Nomor 5 Tahun 2018 tentang Tahapan Kegiatan dan Jadwal Penanganan Perkara PHPU. Dalam peraturan tersebut disebutkan bahwa PHPU dalam BPRK pada 1 Juli 2019. Karena itu, jadwal penetapan perolehan kursi dan caleg terpilih dilakukan tiga hari setelah 1 Juli. ‘’Berarti kalau tidak, tanggal 2, 3, atau 4 Juli nanti (penetapan perolehan kursi dan caleg),’’ ujarnya.

Apakah hal itu memengaruhi jadwal pelantikan anggota DPRD terpilih? Toni tidak menepis kemungkinan tersebuit. Namun, dia belum bisa memastikannya lantaran pelantikan bukan kewenangan KPU. ‘’Kesbangpol yang tahu jadwalnya (pelantikan) kapan,’’ ungkapnya.

Dia menambahkan, anggota DPRD terpilih wajib menyerahkan laporan hasil kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Juga beberapa laporan lain termasuk laporan penggunaan dana kampanye (LPDK). ‘’Bagi yang tidak menyerahkannya, tidak akan dilantik,’’ ungkapnya.

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Ngawi Yoni Wasono dikonfirmasi mengenai jadwal pelantikan anggota DPRD Ngawi yang baru mengaku masih belum bisa memastikannya. Namun, dia sempat menyebut perkiraan dilakukan pada 23 Agustus mendatang. ‘’Itupun masih belum pasti, karena kami juga masih menunggu kepastian pelantikannya kapan,’’ jawabnya sembari menyebut pihaknya masih menunggu usulan KPU untuk DPRD kabupaten. (tif/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here