PENERTIBAN PKL: Kanang Pastikan Rencana Eksekusi Tidak Menguap

84

NGAWI – Berbagai persiapan untuk menertibkan para pedagang kaki lima (PKL) di wilayah Ngawi Kota sudah dilakukan beberapa instansi terkait. Mulai sosialisasi, pendataan, hingga regulasinya. Namun, Bupati Budi ’’Kanang’’ Sulistyono justru terkesan santai. ‘’Nanti akan kami sampaikan kapan waktunya (penertiban, Red),’’ katanya kemarin (27/3).

Kabar yang beredar sebelumnya, penertibkan PKL akan dilakukan pada Ramadan atau awal Mei mendatang. ‘’Kalau bulan puasa kan memang orang tidak berjualan,’’ ujar Kanang kepada Radar Ngawi.

Meski begitu, dia memastikan rencana penertiban PKL tidak akan menguap. Setidaknya, Kanang menyatakan keinginannya memperbaiki wajah kawasan Ngawi Kota. Namun, di sisi lain dia ingin para PKL tetap bisa berjualan. ‘’Nanti coba ditata, jangan sampai yang jualan itu mengotori wajah kota,’’ ungkapnya.

Upaya penertiban itu, lanjut dia, sekaligus untuk mengembalikan hak para pejalan kaki. Selama ini banyak PKL yang menggunakan trotoar untuk berjualan. ‘’Nanti akan kami lihat dulu waktunya, kira-kira kapan yang tepat,’’ katanya lagi soal pelaksanaan penertiban PKL.

Sementara itu, upaya satpol PP menertibkan para PKL yang membuka lapak di bahu Jalan Yos Sudarso sejauh ini cukup efektif. Sejak surat larangan berjualan diedarkan, sepanjang jalur tersebut steril PKL. ‘’Semoga bulan depan sudah bisa melakukan penertiban di ruas jalan yang lain,’’ harap Kasi Pembinaan Pengawasan dan Penyuluhan Satpol PP Ngawi Arif Setiyono. (tif/c1/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here