Madiun

Pendamping Bansos Pangan Merasa Dizalimi

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Delapan pendamping bantuan sosial (bansos) pangan periode 2020 merasa dizalimi. Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Madiun disebut memberhentikan mereka secara sepihak. ‘’Kami tidak diberi tahu kesalahan dan alasan penggantian. Sementara, kontrak sampai Desember,’’ kata Putut Wijanarko, eks pendamping bansos pangan, Rabu (30/9).

Putut bersama tujuh rekannya baru mengetahui pemutusan kontrak 7 September lalu. Tiba-tiba ada penggantian pendamping baru di wilayah tugas mereka. Yakni, Kecamatan Wonoasri, Pilangkenceng, Gemarang, dan Wungu. Juga, Sawahan, Kebonsari, Geger, dan Madiun. ‘’Kami merasa sangat tidak dihargai,’’ ujarnya sembari menyebut surat keputusan (SK) penggantian per 1 September.

Putut yang bertugas di Kecamatan Wonoasri merasa bekerja tanpa membuat kesalahan. Kalaupun ada, kata dia, tidak ada surat peringatan. Sejak bekerja mulai 2019, tidak pernah ada penandatanganan pakta integritas. Hal itu baru muncul pertengahan tahun ini. ‘’Kami tidak bersedia tanda tangan. Tidak ada dasar yang jelas. Harusnya di kontrak awal ada komitmen terkait itu,’’ bebernya.

Kemarin delapan pendamping bansos pangan itu bertemu perwakilan Kemensos, dinas sosial (dinsos), dan penamping baru di aula kantor dinsos. Mereka mempertanyakan pemutusan kontrak sepihak. Jawabannya, penyebab pemutusan karena tidak tanda tangan pakta integritas. ‘’Hasil rapat tidak mengubah nasib kami. Mau bagaimana lagi, kami sudah benar-benar digantikan,’’ ucapnya.

Sementara, Kepala Dinsos Kabupaten Madiun Anang Kusuma belum bisa dimintai konfirmasi. Dihubungi terpisah lewat sambungan telepon, dia menyarankan wawancara hari ini di kantor. (mg4/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close