Pencarian Pendaki Hilang di Gunung Lawu Berlanjut

608

MAGETAN – Operasi pencarian Alvi Kurniawan, pendaki yang hilang di Gunung Lawu, kembali berlanjut. Kali ini dilakukan tim SAR Kabut Rimba Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Jateng sejak Senin lalu (14/1). Sebelumnya, Basarnas dan tim SAR lainnya sudah menghentikan pencarian pendaki asal Magelang tersebut. ’’Keluarga masih berharap Alvi ditemukan,’’ kata Ketua MDMC Magelang Asroni kepada Radar Magetan.

Harapan itu, kata dia, didengar langsung ketika timnya menemui keluarga Alvi. Ada permintaan agar tim SAR Kabut Rimba bergerak melakukan pencarian. ’’Kami berinisiatif melakukan pencarian, tapi tetap koordinasi dengan BPBD Magetan,’’ ujarnya.

Kasi Kedaruratan BPBD Magetan Fery Yoga Saputra mengamini upaya pencarian lanjutan itu. Pihaknya tetap melakukan monitoring. Sebab, sebelumnya sudah ada kesepakatan antara tim Basarnas dari Jatim dan Jateng untuk penghentian operasi pencarian pendaki yang hilang. ’’Sudah ada persetujuan, tapi kalau ada inisiatif dari tim SAR Kabut Rimba, tetap kami persilakan,’’ katanya.

Sementara itu, ada informasi terkait adanya bau tak sedap dari sekitar lokasi hilangnya Alvi.  Yakni, di kawasan Pasar Dieng atau Pasar Setan. Hilangnya Alvi pada 1 Januari lalu berada di kawasan tersebut. ’’Kami belum berangkatkan tim, karena lokasinya berada di jalur pendakian Candi Cetho. Kami sudah beri kabar ke tim SAR Jateng,’’ jelasnya.

Kepala RPH Lawu Ds Marwoto menyebutkan bahwa sejak 12 Januari semua jalur pendakian kembali dibuka. Masing-masing jalur pendakian Cemoro Kandang, Candi Cetho, dan Cemoro Sewu. Termasuk ada tim pula yang kembali melakukan pencarian. ’’Ada harapan bisa ditemukan pendaki yang hilang itu. Tapi, kami minta tetap waspada karena cuaca cenderung buruk,’’ pungkasnya. (mgc/c1/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here