Pencairan TPP Tak Mengacu Indikator Kinerja

86

PONOROGO – Januari lalu, jajaran PNS pemkab kian bermandikan uang. Menyusul keputusan pemberian tunjangan perbaikan penghasilan (TPP) sebesar seratus persen untuk seluruh PNS. Padahal, TPP seharusnya diberikan mengacu berbagai indikator kinerja. Namun, karena penerapannya dianggap belum maksimal, TPP bulan pertama pun diberikan cuma-cuma. ‘’Ini kan masih bagian dari sosialisasi. Karena itu, kebijakan pemkab, TPP diberikan seratus persen di bulan Januari,’’ kata Kepala BPPKAD Bambang Tri Wahono, Jumat (8/2).

Kebijakan pemberian TPP digodok sejak setahun lalu. Diujicobakan mulai tahun ini. Besaran anggaran yang telah diplot berkisar lebih dari Rp 30 miliar dalam setahun. Masing-masing PNS dari tingkat staf terendah mendapat TPP antara Rp 500 ribu hingga paling besar Rp 10 juta. Nominal yang diberikan juga mempertimbangkan jabatan dan kepangkatan. ‘’Untuk mekanisme penghitungan TPP, secara spesifik menjadi kewenangannya BKPPD,’’ ujarnya.

Awalnya, TPP akan diberikan kepada PNS juga dengan mempertimbangkan kinerja mereka. Salah satu indikatornya adalah kedisiplinan yang dinilai melalui absensi. Pemkab juga telah menerapkan sistem absensi wajah melalui gawai masing-masing PNS guna mendukung kebijakan pemberian TPP tersebut. Namun, setelah dievaluasi, Bambang menyebut belum sepenuhnya siap. ‘’Mungkin program masih sering terganggu, atau belum siapnya ASN melaksanakan itu (absensi wajah, Red),’’ bebernya. ‘’Jadi, masih banyak kekurangan,’’ imbuh Bambang.

Atas berbagai alasan itu, TPP di bulan pertama tahun ini diberikan seratus persen bagi seluruh PNS. Lantas, bagaimana dengan kinerja bulan ini? Bambang menyebut belum ada keputusan lebih lanjut. Yang jelas, pemkab terus melakukan evaluasi terkait perkembangan penerapan TPP. Kekurangan-kekurangan, kata Bambang, akan terus diperbaiki. Pasalnya, pemberian TPP merupakan kewajiban dari pemkab kepada para abdi negara. ‘’Untuk Februari bagaimana, belum ada keputusan lagi. Untuk Januari, tidak ada pengurangan atau penambahan,’’ pungkasnya. (naz/c1/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here