Pemprov Jatim Tuntaskan Ruas Tinap–Sugihwaras

551

MAGETAN – Pelebaran jalur Twinroad Sukomoro–Maospati oleh Pemprov Jatim mulai tampak. Tahapan awal dimulai dengan pengerukan antara ruas Tinap-Sugihwaras sepanjang satu kilometer. ‘’Sebenarnya pengerjaan ini maju dari jadwal koordinasi semula. Yang rencananya dikerjakan setelah Lebaran,’’ kata Seketaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Magetan Muchtar Wahid Jumat (17/5).

Pada tahap ini pemkab telah menyiapkan anggaran sekitar Rp 2,5 miliar. Dana sebesar itu dipakai untuk pembangunan trotoar sepanjang 1,4 kilometer di sisi selatan. Sedangkan, untuk pengerjaan jalan dikover oleh pemprov. Mereka mengalokasikan anggaran sebesar Rp 16 miliar untuk menuntaskan panjang total jalan sekitar 7,5 kilometer itu. ‘’Jadi, sesuai koordinasi awal tugasnya sudah dibagi. Sistemnya pakai dana sharing. Supaya tidak ada tumpang tindih,’’ terang Muchtar.

Dia berharap proyek yang sudah mulai dikerjarkan sejak 2010 lalu bisa selesai pada tahun ini. Keinginan itu dinilai realistis. Sebab, sisa ruas jalan yang belum dilebarkan antara Tinap–Sugihwaras hanya sekitar satu kilometer. ‘’Kalau sesuai rencana jalan ini merupakan bagian tahapan jalur lintas Maospati–Cemoro Sewu,’’ ujar Muchtar.

Sementara terkait persiapan menghadapi Lebaran, Muchtar mengungkapkan jalur itu bakal mendapat sedikit lapisan perbaikan. Di samping memperbaiki jalan alternatif lain. Misalnya Jalan Raya Takeran dan Cemoro Sewu. ‘’Sementara ini, pemeliharaan jalan kami fokuskan pada titik-titik yang sering digunakan pemudik. Seperti Cemoro Sewu–Maospati dan Maospati–Ngawi,’’ ungkapnya.

Tahapan itu sengaja dipersiapkan disini untuk menyambut pemudik. Karena sesuai prediksi jumlah kendaraan yang melintas di jalanan Magetan bakal meningkat. ‘’Yang pasti, untuk memberikan keamanan dan kenyaman kami selalu maksimalkan,’’ katanya. (mgc/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here