Pemprov Bantu Pelebaran Twin Road

42

MAGETAN – Proges lanjutan pembangunan Twin Road Sukomoro–Maospati menemui titik terang. Sesuai rencana pekerjaan itu bakal kembali digarap pada tahun ini. Dikerjakan secara sharing antara Pemkab Magetan dengan Pemprov Jatim. ‘’Jenis pekerjannya pelebaran jalan dan penambahan trotoar. Kami sudah koordinasi dengan pemprov supaya cepat dibangun,’’ kata Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Magetan, Muchtar Wahid kemarin (22/4).

Diakuinya, pekerjaan yang dimulai sejak kepemimpinan bupati Sumantri itu sempat terhenti pembangunannya karena masalah anggaran. Dari situ selanjutnya pemkab mengusulkan ke pemprov untuk turut serta membantu penyelesaian pembangunan tersebut. ‘’Saat ini perencanaan lelang sedang dikaji oleh pemprov. Rencananya selesai bulan ini,’’ ujar Muchtar.

Karena melalui mekanisme sharing anggaran, Muchtar mengaku pekerjaan bakal dipilah. Pemprov berencana mengalokasikan anggaran sebesar Rp 16 miliar. Dana itu digunakan untuk proses pelebaran jalan sepanjang dua kilometer ditambah pengerjaan trotoar sisi utara.

Sedangkan pemkab, lanjut dia, mengalokasikan Rp 2,3 miliar melalui APBD 2019. Anggaran itu selanjutnya dipakai untuk membangun trotoar di atas saluran air. ‘’Kalau di lihat dari hasil koordinasi proyek ini hanya sampai di Desa Branjangan atau tepatnya di depan kantor DPC PAN Magetan,’’ ungkapnya.

Dia memperkirakan proyek tersebut mulai dikerjakan setelah Lebaran. Di sisi lain, pemkab juga sudah berkoordinasi dengan warga setempat terkait penggunaan sebagian lahan mereka yang terdampak pelebaran jalan dan pembangunan trotoar. ‘’Pembangunan dilakukan secara bertahap,’’ kata Muchtar.

Lebih lanjut, Muchtar menambahkan pembangunan Twin Road itu diharapkan mampu mengurai kepadatan kendaraan yang terjadi di wilayah tersebut. Sekaligus mempermudah akses warga dari luar daerah, khususnya Madiun-Surabaya menuju ke Magetan. ‘’Dengan dibangunnya Twin Road ini, kepadatan lalu lintas bisa terurai. Selain itu, angka kecelakaan bisa berkurang,’’ katanya. (mgc/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here