Pemkot Madiun Merintis Program Smart City

73

SMART CITY sudah menjadi visi masa depan wajah Kota Madiun. Berbagai catatan penting siap dijalankan Pemkot Madiun setelah lolos assessment dari Kemenkominfo.

Wali Kota Madiun Maidi memaparkan ada sejumlah program berbasis elektronik yang dapat diimplementasikan di Kota Madiun. Salah satunya adalah menciptakan smart city untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk mewujudkannya, butuh tiga pilar utama berupa smart mobility, smart governance, dan smart resources management.

Poin smart mobility dapat diterapkan berupa penggunaan fasilitas umum yang terintegrasi dengan Kartu Madiun Pintar (KMP). Untuk smart governance, sistem pemetaan modern dengan bantuan observatorium juga berpotensi diterapkan di Kota Madiun. Jadi, semua data tersimpan di satu tempat dan terintegrasi. Pemetaan tersebut meliputi rencana tata ruang kota.

Terintegrasinya data dapat mempermudah pengambilan kebijakan dan penyajian informasi kepada publik. Dengan begitu, kata dia, investor lebih mudah mengakses informasi. Sistem pemetaan itu memberikan informasi lengkap seputar perencanaan spasial, kebijakan-kebijakan tentang arsitektural, dan konservasi bangunan.

Maidi menyatakan saat ini program smart city sudah dirintis oleh pemkot. Diawali dengan penerapan e-kinerja dan e-monitoring. Selanjutnya, mereka bakal meluncurkan e-surat, e-sppd, e-reminder, e-budgeting, e-monev, e-harga dan madiun service desk. Sejumlah aplikasi itu menjadi bagian dari Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). ‘’Program smart city merupakan langkah Pemkot Madiun dalam percepatan pencapaian visi pembangunan Kota Madiun. Sehingga seluruh pihak harus turut berperan aktif mendukung program tersebut,’’ terang Maidi.

Dia mengungkapkan dalam menerapkan program smart city, pemkot menggandeng ITS. Selanjutnya, mereka diberi tanggungjawab untuk menyusun konsep berikut pengimplementasian program kota pintar tersebut. ‘’Smart city paling cepat diusahakan tahun depan sudah bisa jalan,’’ harapnya. (her/adv/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here