Pemkot Madiun Komitmen Kelola Anggaran secara Transparan

24

MADIUN – Pelayanan publik yang transparan mengantarkan Pemkot Madiun mendapatkan kembali opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyatakan bahwa pemkot klir selama pengelolaan anggaran 2018. Predikat baik dari lembaga auditor keuangan negara itu merupakan kali kedua berturut-turut diterima pemkot sejak 2017.

Wali Kota Madiun Maidi mengatakan, diraihnya kembali opini WTP kali ini tidak lepas dari kerja keras dan komitmen aparatur Pemkot Madiun dalam meningkatkan kinerja. Khususnya di bidang pengelolaan dan tanggung jawab keuangan daerah.

Pemkot juga telah melakukan langkah-langkah strategis dalam memantapkan komitmen aparatur dan kapasitas aparatur pengelola keungan dan aset. Misalnya, dalam melaksanakan dan penyusunan laporan keuangan dan aset pemkab selalu berpedoman pada hasil temuan BPK RI tahun sebelumnya. ‘’Raihan opini WTP dari BPK menunjukkan bahwa kinerja eksekutif dengan legislatif selama ini sangat harmonis,’’ katanya.

Menurutnya, opini WTP kali kedua beruntun itu bukan sekadar penghargaan namun bentuk pertanggungjawaban. Apa lagi, pemkot sudah on the track dengan adanya dukungan aplikasi keuangan seperti e-budgeting.

Maidi berharap, para pemangku kepentingan tidak melihat Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) WTP hanya sebagai prestasi administratif normatif. Namun, harus dimaknai sebagai bentuk komitmen, integritas, profesionalitas, dan transparansi tata kelola keuangan Pemkot Madiun. ’’Ke depannya harus mempertahankan yang sudah baik dan harmonis dalam kegiatan penyelenggaraan pemerintahan. Tentunya itu akan kami sempurnakan dan tingkatkan. Seperti meminimalkan temuan-temuan yang kurang baik,’’ terang mantan Sekda Kota Madiun itu. (her/adv/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here