Pemkab Siap Menjaring Pelancong Selama Nataru

86

PACITAN – Pemkab Pacitan tak ingin menyia-nyiakan kesempatan menjaring wisatawan pada detik-detik akhir tahun 2018 ini. Diprediksi gelombang besar pelancong lokal dan luar daerah akan membanjiri destinasi wisat di kota 1001 gua ini. ‘’Kami akan saling bahu membahu demi keamanan dan kenyamanan tempat rekreasi,’’ kata Bupati Pacitan Indartato Jumat (21/12) lalu.

Indartato menambahkan kelancaran akses masuk Pacitan menyambut para tamu selama libur natal dan tahun baru (nataru) jadi prioritas. Dengan kelancaran akses, dia berharap pengujung betah berlama-lama di Pacitan. Karena itu, beberapa alat berat disiapkan untuk mengatisipasi longsor yang menutup akses ke jalur wisatawan.

Sedangkan untuk mengantisipasi kepadatan wisatawan, pihaknya telah menggelar rapat koordinasi dengan instansi terkait. Serupa dengan tahun-tahun sebelumnya, beberapa destinasi seperti Goa Gong dan Pantai Klayar bakal mendapat perhatian lebih. Pasalnya, akses menuju dua objek wisata itu arus lalu lintasnya sangat padat. ‘’Kami sudah antisipasi dengan satuan lalu lintas polres dan dinas perhubungan,’’ ujarnya.

Sementara Kapolres Pacitan AKBP Sugandi menambahkan menghadapi nataru telah menyiapkan 550 personel gabungan untuk mengamankan Pacitan. Pun satu pos pelayanan terpadu dan dua pospam (pos pengamanan) bakal dibangun di tengah Pacitan kota. Sementara dua pospam lainnya disiagakan di Punung dan Teleng Ria. ‘’Kami juga ajak BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Pacitan untuk bersiaga,’’ jelas Sugandi.

Tak hanya pengamanan akses wisata, pengamanan tempat strategis seperti ATM, gereja, serta kesiapan unit laka diungkap Sugandi juga telah disiagakan. Pun mengantisipasi laka laut yang sempat terjadi beberapa waktu lalu, daerah pesisir pantai juga tak luput dari pantauan  . ‘’Tak terkecuali ancaman terorisme juga kita antisipasi bersama kodim,’’ terangnya. (mg6/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here