Ponorogo

Pemkab Ponorogo Kebut Pekerjaan sebelum Turun Hujan

5.500 METER PERSEGI PAVINGISASI

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Pemkab Ponorogo menggelontorkan bujet Rp 700 juta untuk perbaikan paving di alun-alun. Perbaikan ditargetkan selesai Desember. Kabid Pertanahan dan Tata Bangunan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Ponorogo Juli Wibowo menjanjikan percepatan proyek pavingisasi ini. Agar penggantian materialnya tidak terganggu datangnya musim penghujan. ‘’Pemasangannya mulai depan panggung utama sampai paseban,’’ katanya.

Total volume pekerjaan berkisar 5.500 meter persegi. Paving baru lebih dominan menghiasi wilayah di depan panggung utama. Sementara, paving lama yang masih berkualitas baik cukup dibongkar pasang. ‘’Tidak semua diganti,’’ ujarnya.

Ada empat jenis paving yang digunakan. Yakni, paving kansteen digunakan sebagai penahan pasangan agar tatanan paving lebih rapi. Paving merah sebagai border pola dan menghiasi pinggiran area. Di tengah-tengah paving merah, ada paving warna abu-abu. ‘’Juga, ada tambahan paving segilima sebagai pengunci antara border dan pola,’’ paparnya.

Pemasangan paving kali ini merupakan bagian dari pemeliharaan rutin. Saat ini, dasaran alun-alun cekung. Permukaan tidak datar. Menjadi kurang nyaman untuk diletakkan kursi saat digunakan acara. Pun, memicu terjadinya genangan di musim penghujan. ‘’Permukaan sebagian paving ditinggikan 20 sentimeter. Terutama yang dekat paseban,’’ terang Juli.

Beragam faktor yang menyebabkan paving alun-alun tidak awet. Selain faktor usia, kerusakan juga dipicu penempatan lapak yang mematoki benda tajam. Juga kendaraan berat yang acap masuk ke dalam alun-alun. ‘’Mestinya masyarakat lebih sadar dan dijaga bersama. Boleh jualan, tapi dijaga. Kendaraan berat cukup parkir di tepi alun-alun,’’ imbaunya. (dil/c1/fin) 

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close