Ponorogo

Pemkab Ponorogo Hidupkan Pentas Reyog di Desa-Desa

Lestarikan Budaya, Geliatkan Pariwisata

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Upaya pelestarian budaya dan menggeliatkan industri pariwisata harus seiring sejalan. Pemkab Ponorogo di bawah kepemimpinan Ipong Muchlissoni-Soedjarno konsisten melakukannya. Buktinya, berbagai kesenian lokal hidup. Event berskala besar juga digelar guna menarik wisatawan. ‘’Reyog obyok penting untuk menghidupkan kembali pementasan reyog di Ponorogo,’’ kata Ipong Minggu (23/8).

Ipong menuturkan, dulu untuk menonton pementasan reyog tidak sulit. Hampir ada di setiap perempatan atau desa. Namun, kegiatan itu sempat meredup. Di era Ipong, kegiatan tersebut dihidupkan kembali. ‘’Melestarikan reyog tidak cukup dengan menggelar event besar atau punya alat-alat memadai. Melestarikan kesenian harus dengan memainkannya,’’ terang Ipong.

Bantuan dana kesenian untuk desa juga digulirkan. Alokasinya miliaran rupiah setiap tahun. Upaya ini sejalan dengan visi misinya yang ingin memajukan kebudayaan. ‘’Jangkauannya diperluas dari tahun-tahun sebelumnya. Tidak hanya reyog, juga untuk pengembangan berbagai kesenian lain,’’ jelasnya.

Di era pemerintahan Ipong-Soedjarno, Yayasan Reyog Ponorogo (YRP) terlahir kembali. Formasinya lebih lengkap dari sebelumnya. Menurut Ipong, YRP berperan penting dalam melestarikan kesenian daerah. ‘’Mulai pengembangan kompetensi para pelaku seni, hingga sebagai wadah pembinaan secara umum. YRP jadi kepanjangan tangan pemkab dalam urusan pelestarian reyog,’’ urai Ipong.

Kurun lima tahun terakhir, berbagai event dihelat untuk menggeliatkan industri pariwisata. Acara tahunan Grebeg Suro digelar. Mulai Festival Nasional Reyog Ponorogo (FNRP), reyog jazz di Telaga Ngebel, hingga festival topeng nasional. Tahun ini, karena pandemi Covid-19, terpaksa ditangguhkan. ‘’Tugas melestarikan reyog dan berbagai kesenian lain ada pada kita semua. Semua pihak harus bergerak, ambil bagian dalam upaya ini,’’ tegas bupati. (naz/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close