Ponorogo

Pemkab Ponorogo Gelar Uji Coba New Nomal di Sejumlah Kawasan

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Uji coba new normal alias tatanan normal baru mulai diterapkan di Ponorogo Selasa (2/6). Namun, masih berlaku di kawasan percontohan. Mulai kantor instansi pemerintah, pusat perbelanjaan, jalan protokol, hingga objek wisata. Harapannya, membuat masyarakat semakin disiplin mematuhi protokol pencegahan Covid-19. ‘’Uji coba ini mengajak masyarakat kembali hidup normal tapi dengan kebiasaan baru untuk mencegah Covid-19,’’ kata Bupati Ponorgo Ipong Muchlissoni.

Di sela meninjau sejumlah lokasi uji coba, Ipong menyatakan bahwa cepat atau lambat pemerintah pusat akan memberlakukan normal baru. Kendati Ponorogo bukan daerah percontohan, namun perlu uji coba sebagai antisipasi dan mempersiapkan masyarakat menghadapi kebijakan tersebut. ‘’Normal baru di Indonesia hanya soal waktu,’’ ujarnya.

Uji coba, lanjut bupati, salah satunya untuk semakin mendisiplinkan masyarakat dalam beraktivitas di luar rumah. ‘’Kalau tidak uji coba, tidak ada payung hukum untuk penindakan. Karena selama ini hanya imbauan. Kecuali di daerah yang menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB),’’ jelas bupati.

Menurut Ipong, indikator kesuksesan dari uji coba normal baru adalah tidak adanya penambahan kasus positif dari kawasan percontohan. Pun, tambahan enam kasus baru sebelumnya juga bukan dari pasar atau pusat perbelanjaan yang dipadati masyarakat.

Jika sukses, tidak menutup kemungkinan kawasan percontohan akan ditambah. Aparat penegak hukum dan pemkab bersama menegakkan disiplin. Jika kedapatan warga tidak memakai masker, dilarang masuk kawasan percontohan. ‘’Jaga jarak juga akan ditertibkan. Supaya cuci tangan dengan sabun, pakai masker, dan jaga jarak ini bisa menjadi kebiasaan di masyarakat,’’ harapnya. (naz/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close