Ponorogo

Pemkab Ponorogo Alokasikan Anggaran Rp 50 Miliar di RAPBD 2020

‘’Bengkok masih menjadi kewenangan desa. Kebijakan pengelolaannya di pemerintah desa masing-masing.’’ Bambang Tri Wahono, Kepala BPPKAD

=================

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Rencana penyetaraan penghasilan tetap (siltap) untuk perangkat desa di Ponorogo butuh anggaran jumbo. Pemkab setempat mengalokasikan dana Rp 50 miliar di RAPBD 2020. Sasarannya, 4.000 lebih perangkat (termasuk kepala desa). ‘’Instruksi dari pemerintah pusat, harus diakomodasi paling lambat 2020,’’ kata Kepala Badan Pendapatan Pengelola Keuangan dan Aset daerah (BPPKAD) Ponorogo Bambang Tri Wahono Rabu (16/10).

Penyetaraan siltap, lanjut Bambang, sudah dimulai per bulan ini. Pemkab mengalokasikan anggaran sekitar Rp 9 miliar melalui PAPBD 2019 untuk triwulan terakhir ini. Mulai tahun depan, penyetaraan sudah harus penuh 12 bulan.

Besaran siltap sekitar Rp 2 juta. Terperinci, perangkat Rp 2 juta; sekretaris desa Rp 2,2 juta; dan Rp 2,4 juta untuk kepala desa. Kebijakan pusat itu, sebut Bambang, cukup merepotkan daerah. Sebab, pusat hanya memberi perintah tanpa uluran dana.

Untuk itu, pemkab masih menakar nominal terbaik siltap tahun depan. Kemungkinan hanya menggunakan acuan minimal dari pusat. ‘’Mungkin ada kebijakan lain dari bupati, karena mempertimbangkan juga masa pengabdian kades yang sampai lima tahun, atau sekdes yang bisa menjabat sampai usia 60 tahun,’’ urai Bambang.

Siltap yang sudah setara PNS golongan II-A, kata Bambang, bakal lebih menyejahterakan para perangkat desa. Pasalnya, mereka juga masih berhak atas fasilitas bagi hasil tanah kas desa (TKD) alias bengkok. ‘’Bengkok masih menjadi kewenangan desa. Kebijakan pengelolaannya di pemerintah desa masing-masing,’’ terangnya.

Sehingga, pengeluaran tahun depan meningkat. Tapi di sisi lain pendapatannya tidak berubah. ‘’Karena itu, harus lebih cermat,’’ ucap Bambang. (naz/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close