Pemkab Perbarui Operasional 21 Camat

133

PONOROGOReward yang dijanjikan pemkab kepada 21 camat tiba. Sepekan terakhir, 21 unit mobil Toyota Rush keluaran 2019 mejeng di halaman Gedung Korpri Pemkab Ponorogo. Puluhan mobil dinas (mobdin) kinyis-kinyis itu akan digunakan camat sebagai kendaraan operasional. ‘’Ini sebagai reward atas pengelolaan keuangan dan intensifikasi pendapatan asli daerah (PAD) yang digenjot signifikan tahun lalu,’’ kata Kepala BPPKAD Bambang Tri Wahono.

Per unit mobdin itu ditebus pemkab dengan mahar Rp 225 juta. Total, Rp 4,72 miliar digelontor dari kas daerah kepada diler penyedia barang. Pembelian, kata Bambang, dilakukan melalui e-katalog. ‘’Untuk pengadaan langsung, semua barang yang dibeli pemkab didapat dari e-katalog,’’ ujarnya.

Bambang mengungkapkan, puluhan Toyota Rush hitam itu dibeli sebagai bentuk apresiasi atas kinerja camat. Sepanjang tahun lalu, kinerja mereka dinilai cukup krusial dalam mendukung terdongkraknya PAD secara signifikan. Pengelolaan keuangan di tingkat kecamatan juga dinilai baik oleh pemkab. Supaya tidak hanya menerapkan punishment, pemkab juga memberi reward atas capaian-capaian seperti itu. ‘’Mobdin lama (Isuzu Panther, Red) yang digunakan camat selama ini juga sudah cukup tua. Perlu peremajaan,’’ tutur Bambang.

Sebagai kendaraan operasional baru yang melekat kepada camat, lantas akan dikemanakan mobdin lama mereka? Kata Bambang, Bupati Ipong Muchlissoni menginstruksikan kepada pihaknya agar mobdin lama para camat tetap digunakan sebagai kendaraan operasional penunjang di kecamatan. ‘’Mobdin yang lama untuk operasional kecamatan. Bisa untuk kegiatan apa saja yang mendukung operasional tugas kecamatan,’’ jelasnya.

Bambang menambahkan, Toyota Rush baru para camat mulai bisa digunakan dalam waktu dekat. Untuk saat ini, proses pengiriman dari penyedia barang ke pemkab sudah diselesaikan. Pemkab juga tengah mengurus surat-surat resmi kendaraan baru tersebut di kepolisian. Bambang memastikan pengadaan mobdin yang dilakukan pemkab belum berakhir. ‘’Tahun ini, pengadaan mobdin hanya untuk operasional camat dan wakil bupati (Soedjarno, Red). Untuk mobdin Pak Wabup (Toyota Camry, Red) sudah dipesan di diler, tapi stoknya tidak tersedia karena akan keluar varian baru,’’ pungkasnya. (naz/c1/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here