Pacitan

Pemkab Pacitan Perpanjang Masa Penutupan Sektor Pariwisata

Keran Pendapatan Makin Seret

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Kurva Covid-19 di Pacitan masih belum menunjukkan penurunan yang signifikan. Menyikapi kondisi itu, pemkab memutuskan untuk memperpanjang masa penutupan objek wisata. ‘’Ditutup sampai batas waktu yang belum ditentukan,’’ kata Kepala Disparpora Pacitan T. Andi Faliandra Senin (29/6).

Pihaknya tak menampik kondisi tersebut membuat keran pendapatan dari sektor pariwisata makin seret. Disparpora tidak punya pilihan lain terkait persoalan ini. Apalagi sampai kini pihaknya belum mendapatkan rekomendasi dari tim gugus tugas penanggulangan (TGTP) Covid-19 perihal reopening objek wisata.

Meski demikian, Andi mengatakan bisa saja objek wisata tertentu buka asalkan memenuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan. ‘’Tapi, kami lihat dulu perkembangannya ke depan. Kalau tidak ada penambahan (kasus baru korona), akan kami buka beberapa yang sudah siap,’’ ujar mantan staf ahli bupati bidang sosial, kemasyarakatan, dan SDM itu.

Objek wisata yang dikelola pemkab dan siap dibuka kembali salah satunya Pantai Watukarung. Bahkan, objek wisata itu sempat ditetapkan sebagai wisata tangguh oleh Bupati Indartato beberapa waktu lalu. Namun demikian, Andi belum bisa memberi kepastian.

Menurutnya, ada prosedur reopening yang mesti dijalankan. Diawali proses simulasi. Seperti hanya wisatawan lokal Pacitan yang bisa berkunjung ke tempat wisata tersebut. Kebijakan itu kemudian dievaluasi dalam sebulan. ‘’Kalau nanti semisal ada ancaman transmisi penularan Covid-19, kawasan wisata tersebut akan kami tutup kembali. Selain itu, kalau ada protokol kesehatan yang dilanggar, juga akan kami tutup,’’ tegas Andi. (gen/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close